Ambil Hasil Tes Corona di Daerah Terpencil, BNPB Kerahkan Helikopter

Rabu, 23 September 2020 - 18:07 WIB
loading...
Ambil Hasil Tes Corona di Daerah Terpencil, BNPB Kerahkan Helikopter
BNPB mengerahkan helikopter menangani pandemi Corona. Helikopter ini untuk menjangkau wilayah kepulauan dan terpencil. Foto/Fahmi Bahtiar
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk menangani pandemi Covid-19 (virus Corona). Helikopter ini untuk menjangkau wilayah kepulauan dan terpencil.

(Baca juga: Update, Total 1.510 WNI Positif Covid-19)

Penyebaran virus Sars Cov-II tidak hanya sebatas di pusat kota atau pulau-pulau besar. Virus ini menyebar ke berbagai pelosok daerah, maka BNPB pun memberikan layanan transportasi agar penanganan pasien Covid-19 berjalan cepat.

(Baca juga: Mensos Juliari Batubara Salurkan Bansos Beras ke Natuna)

Plt Deputi Bidang Penanganan Daerah BNPB Dody Ruswandi menerangkan, helikopter itu beroperasi di Nusa Tenggara Timur (NTT). "Heli BNPB dropping logistik Covid dan pulangnya menjemput spesimen hasil uji Covid ke daerah terpencil di NTT," katanya dikutip dari keterangan pers BNPB, Rabu (23/9/2020).

Desa terpencil yang dijangkau helikopter itu, antara lain, Kampung Wae Rebo di Desa Satarlenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai. Dody menjelaskan helikopter mendarat di punggung bukit yang sudah diratakan sehingga aman untuk pendaratan.

"Selama beroperasi di NTT, helikopter ini mengangkut 214 spesimen tes Covid-19 dari daerah-daerah terpencil di NTT. Dari seluruh spesimen yang diambil oleh para petugas kesehatan setempat, tercatat ada 30 spesimen tes yang dinyatakan negatif dan sisanya, masih dalam pengujian laboratorium," terangnya.

Dia mengungkapkan sebelumnya helikopter ini digunakan untuk menangani bencana, evakuasi, kegiatan SAR, dan mengawal pariwisata di Labuan Bajo. Sejak pagebluk merebak di Indonesia, pulau-pulau kecil di NTT kesulitan akses transportasi karena banyak penerbangan dan kapal laut tidak beroperasi.

BNPB dan Pemerintah Provinsi NTT pun memanfaatkan helikopter tersebut untuk mengatasi masalah pelayanan publik terkait kesehatan dan transportasi yang terhenti selama pagebluk Covid-19. "Helikopter BNPB, yang memang ditempatkan standby di home base Labuan Bajo, membantu pengambilan sample spesimen tes Covid-19 di daerah-daerah terisolir di NTT," ucap Dody.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)