Zona Merah-Oranye Meningkat, Zona Kuning-Hijau Menurun Selama Sepekan

loading...
Zona Merah-Oranye Meningkat, Zona Kuning-Hijau Menurun Selama Sepekan
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan selama waktu satu minggu ini terjadi peningkatan zona merah dan oranye. Foto/BNPB
A+ A-
JAKARTA - Selama waktu satu minggu ini terjadi peningkatan zona merah dan oranye. Sementara zona hijau dan kuning mengalami penurunan. Jumlah daerah berzona merah atau risiko tinggi naik dari 41 kabupaten/kota menjadi 58 kabupaten/kota.

Sementara zona oranye naik dari 293 kabupaten/kota menjadi 304 kabupaten/kota. Lalu untuk zona hijau yakni yang tidak ada kasus baru turun dari 29 kabupaten/kota menjadi 21 kabupaten/kota. Zona hijau kategori tidak terdampak turun dari 22 kabupaten/kota menjadi 20 kabupaten/kota. (Baca juga: Dalam Sehari 62 Warga Bogor Raya Dilaporkan Positif Covid-19)

“Kami perlu menyampaikan bahwa beberapa daerah yang zona kuning ini terlihat jumlahnya menurun dari 129 kabupaten kota menjadi 111 kabupaten kota,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Pada kesempatan itu, Wiku menyebutkan terdapat 47 kabupaten/kota dengan perubahan zona risiko rendah atau kuning menjadi sedang atau oranye. Di antaranya Aceh Timur, Nias Utara, Solok Selatan, Bengkalis,Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi, Empat Lawang, Musi Rawas Utara dan Kota Pagar Alam, Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran dan Kota Metro.



Lalu Sukabumi, Kuningan, Cirebon, Sumedang, Cilacap, Wonogiri, Pemalang Dompu, Kota Bima, Manggarai, Manggarai Barat, Sintang, Kota Pontianak dan Kubu Raya, Bolaang Mongondow Utara, Morowali dan Kota Palu. “Bulukumba, Jeneponto dan Soppeng, Bengkulu Tengah, Konawe, Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, dan Muna Barat. Kemudian Majene, Halmahera Tengah, Pulau Morotai, Jayawijaya, Kepulauan Yapen serta Yalimo,” tuturnya.

Lebih lanjut Wiku juga menyebut ada 38 kabupaten/kota dengan perubahan zona sedang atau oranye menjadi tinggi. Di antaranya Aceh Selatan, Simeulue, Kota Banda Aceh, Langkat, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Pesisir Selatan, Agam, Kota Padang, dan Kota Bukittinggi. (Baca juga: Hari Ini, Jumlah Pasien COVID-19 Sembuh Lampaui Kasus Positif)

Lalu Pelalawan, Kota Dumai, Lahat, Jakarta Selatan, Karawang, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Probolinggo, Mojokerto, Kota Probolinggo dan Kota Batu. Kemudian Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, Tabanan, Kotawaringin Timur dan Barito Selatan. Selanjutnya Balangan, Kutai Kartanegara, Kepulauan Selayar, Bone Bolango, Mimika, Kota Jayapura, Manokwari Teluk Bintuni dan Kota Sorong.
(kri)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top