Ingat Ya, Vaksin Terbaik Saat Ini adalah Masker

Minggu, 20 September 2020 - 08:04 WIB
loading...
Ingat Ya, Vaksin Terbaik Saat Ini adalah Masker
Warga diingatkan untuk terus memakai masker saat akan beraktivitas di luar rumah demi mengurangi risiko tertular Covid-19. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyebut vaksin bukanlah solusi tunggal dan jangka pendek untuk mengatasi pandemi Covid-19. Dia menyebut vaksin terbaik saat ini adalah masker.

"Vaksin kita yang sekarang adalah apa, masker. Vaksin terbaik itu masker, jangan ditinggalkan," kata Pandu saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi yang ditayangkan di channel YouTube ILUNI UI .

Pandu mengatakan, dengan memakai masker, risiko tertular Covid-19 menurun. "Itu risiko yang tadinya 30 persen terinfeksi bisa 1,6 persen kalau 3M dilakukan," ujarnya.

( ).

Dia menambahkan, kita harus mulai promosikan 3M (memakai masker , menjaga jarak, mencuci tangan). Begitu ada vaksin,perilaku 3M harus terus dilakukan alias jangan ditinggalkan. "Masker memberikan efek perlindungan yang jauh lebih besar dibandingkan vaksin yang nanti ada. Percaya deh," katanya.

Menurut Pandu, gunakanlah masker, masker apa pun. "Masker kain menurunkan separuhnya, masker bedah 70 persen, sama kalau nanti ada vaksin yang 70 persen."

( ).

Pandu mengatakan, dengan memakai masker berarti melindungi diri sendiri dan orang lain. "Melindungi kamu dan melindungi aku. Inilah vaksin kita sekarang. Jangan lupakan seperti banyak orang yang suka berdebat tidak mau pakai masker dan berdebatnya kalau sendirian naik mobil nggak perlu pakai masker, jadi masih banyak denial hanya untuk mau pakai masker, padahal untuk kepentingan dia juga dan kepentingan orang di dekatnya."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)