RSKI Covid-19 di Pulau Galang Rusak, Komisi V DPR Desak Investigasi

loading...
RSKI Covid-19 di Pulau Galang Rusak, Komisi V DPR Desak Investigasi
Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suryadi Jaya Purnama. Foto/dpr.go.id
A+ A-
JAKARTA - Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suryadi Jaya Purnama meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menginvestigasi kerusakan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

RSKI Covid-19 Pulau Galang, Batam Kepri mengalami kerusakan. Fasilitas perawatan bagi pasien Covid-19 rusak akibat dihantam angin puting beliung pada Rabu 16 September 2020 sekitar pukul 02.30 WIB.

"Atas kejadian ini, Fraksi PKS meminta Kementerian PUPR segera menginvestigasi agar dapat segera diketahui tingkat kerusakannya dan apakah kerusakannya tersebut berhubungan dengan perencanaan atau pengerjaannya yang kurang baik," tutur Suryadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat 18 September 2020.(Baca juga: TNI Pastikan Kerusakan RS Pulau Galang Tak Berdampak Pada Pasien Covid-19)

Suryadi berharap fasilitas yang rusak segera diperbaiki agar dapat digunakan kembali untuk merawat pasien Covid-19. Perbaikan perlu disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitarnya untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.



"Hal ini mengingat jumlah kasus Covid-19 dan tingkat keterpakaian ICU yang terus meningkat hari demi hari sehingga dikhawatirkan suatu saat fasilitas RSKI Pulau Galang tersebut akan benar-benar dibutuhkan pada kapasitas penuh," katanya.

Sekadar diketahui, ada beberapa ruang perawatan yang rusak cukup parah akibat kebocoran yang terjadi di Ruang Karantina 240. Ruangan tersebut untuk sementara waktu tidak dapat digunakan dan pasien-pasien yang dirawat dipindahkan ke ruangan lain.

Menurut informasi yang beredar, salah satu faktor penyebab kerusakan karena posisi bangunan yang berhadapan dengan alam terbuka. Alhasil angin dapat langsung menerjang bangunan tersebut tanpa ada penghalang. RSKI Covid-19 Pulau Galang mulai dibangun pada 8 Maret 2020 dan resmi dioperasikan pada 6 April 2020.
(dam)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top