Atasi Corona, Pustaka Bergerak Bersama 10 Rumah Aman Edukasi Masyarakat

Minggu, 03 Mei 2020 - 21:02 WIB
loading...
Atasi Corona, Pustaka Bergerak Bersama 10 Rumah Aman Edukasi Masyarakat
Inspirasi terus ditiupkan Pustaka Bergerak bersama program 10 Rumah Aman. Mensiasati penanganan pandemi virus Corona, kegiatan mengedukasi masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Inspirasi terus ditiupkan Pustaka Bergerak bersama program 10 Rumah Aman. Mensiasati penanganan pandemi Covid-19 atau virus Corona, kegiatan mengedukasi masyarakat dilakukan dengan konten berbeda. Mereka ini berkeliling kampung untuk mengkampanyekan gerakan melawan Covid-19. Sebab, aktivitas melapak bersama warga dan membagikan buku sementara ditiadakan.

"Terkait Covid-19, ada banyak penyesuaian kegiatan. Secara perinsip, Covid-19 ini tidak menyurutkan langkah kami. Aktivitas kawan-kawan Pustaka Bergerak di seluruh pelosok negeri tetap berjalan. Kami kini fokus kepada aksi penanganan Covid-19 bersama 10 Rumah Aman. Kegiatan baca tulis pada ruang terbuka dihentikan sementara waktu," ungkap Founder Pustaka Bergerak Nirwan Ahmada Arsuka, Minggu (3/5/2020).

Ada banyak aktivitas warga yang terpaksa dihentikan karena terkena impact negatif pandemi Covid-19. Meski demikian, mereka menggantinya dengan beragam kegiatan positif. Menjadi partner bagi program 10 Rumah Aman, Pustaka Bergerak terus melayani masyarakat dengan cara berbeda. Mereka bergerak memakai Masker, Sarung Tangan, dan Thermoscan atau Thermo Gun sebagai medianya.

"Memutus mata rantai Covid-19, kami aktif mengukur suhu tubuh warga. Ada juga distribusi Masker dan Sarung Sarang kepada warga. Peralatan tersebut merupakan donasi dari Yayasan 10 Rumah Aman. Disamping itu, kami juga terus menyampaikan berbagai informasi menyangkut protokol kesehatan dan regulasi penanganan Covid-19. Semua dilakukan dengan bergotong royong," terang Nirwan.

(Baca juga: Menristek Dorong Kerja Sama dengan Lembaga Internasional Temukan Vaksin Covid-19)

Beragam paket bantuan sebelumnya memang dialirkan oleh Yayasan 10 Rumah Aman melalui program 10 Rumah Aman. Program tersebut diterapkan pada lingkungan terkecil Rukun Tetangga (RT). Warga diajak memastikan sekitarnya zona hijau Covid-19 hingga berjarak 10 rumah persegi dari kediamannya. Dilakukan berantai, status ini akan meluas dari level RT hingga strata wilayah besar di atasnya.

"Bersinergi juga dengan stakeholder di daerah, program 10 Rumah Aman ini dijalankan secara serius. Hasilnya sangat positif. Jiwa gotong royong dan kebersamaan warga muncul. Di situ juga ada aksi sosial yang digalang sesama warga dan diakomodir kawan-kawan yang juga aktivis Dasa Wisma. Beragam aksi riil lain juga kami lakukan, seperti membuat Masker dan Hand Sanitizer," kata Nirwan lagi.

Meski aktif memutus mata rantai pandemi Covid-19, Pustaka Bergerak tetap memiliki aktivitas kreatif #DiRumahSaja. Mereka tetap membenahi koleksi buku dan raknya. Member Pustaka Bergerak di daerah juga membuat beragam catatan. Beberapa aktif membuat komik untuk menambah inspirasi bagi para pembacanya. Sebab, mereka juga memiliki konten khusus berupa Pesta Komik.

"Dengan caranya masing-masing, kawan-kawan di seluruh pelosok Indonesia aktif merespon Covid-19. Secara bergotong royong pula, mereka ini ikut meringankan beban pemerintah dan tenaga medis. Lebih dari itu, mereka tetap fokus terhadap tanggung jawab internalnya di Pustaka Bergerak. Kami pasti akan bergerak lagi kalau pandemi Covid-19 sudah berakhir," tegas Nirwan.
Atasi Corona, Pustaka Bergerak Bersama 10 Rumah Aman Edukasi Masyarakat

Terus menginspirasi Indonesia, Pustaka Bergerak memiliki 3.000 member di 34 provinsi. Komposisi member besar berada di Jawa, adapun slot besar juga dimiliki Sulawesi Selatan dan Barat. Saat ini angka pertumbuhan Pustaka Bergerak dimiliki Nusa Tenggara Timur dan Papua. Koleksi bukunya sangat banyak dan beragam. Sebagai gambaran, Nusa Pustaka Mandar memiliki koleksi buku sekitar 10 Ribu.

Mendukung minat baca anak Indonesia yang tinggi, beragam buku terbaik pun sudah dikoleksinya. Apalagi, anak-anak Indonesia menyukai buku cerita bergambar. Ilustrasi ceritanya sanagt beragam, seperti wira carita, kisah para rasul, hingga pengetahuan populer. Informasi lebih lanjut, silahkan klik pustakabergerak.id atau www.facebook.com/groups/pustakabergerak/.

"Kreativitas tinggi dan tetap produktif memang jadi ciri Pustaka Bergerak. Inovasi harus dilakukan oleh warga agar terus mendatangkan banyak manfaat di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami apresiasi atas beragam cara yang mereka lakukan dalam penanganan Covid-19 dan lainnya. Sinergi seperti ini harus terus dipertahankan, meski Covid-19 sudah selesai," tutup Kepala Staf Presiden Moeldoko.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)