Lewat Seminar dan Munassus, DPP Ikaal Bahas Revisi UU LLAJ

Jum'at, 06 Maret 2020 - 21:01 WIB
Lewat Seminar dan Munassus, DPP Ikaal Bahas Revisi UU LLAJ
Lewat Seminar dan Munassus, DPP Ikaal Bahas Revisi UU LLAJ
A A A
JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Ahli Lalu Lintas (DPP IKAALL) mengadakan dua kegiatan besar, Seminar Revisi Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Setelah seminar, dilanjutkan dengan Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) di Auditorium Giri S Hadihardjono, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (STTD), Bekasi, Jawa Barat, Rabu 4 Maret 2020.

(Baca juga: Margarito Duga Omnibus Law Fasilitas untuk Korporasi)


Seminar Revisi UU LLAJ yang mengusung tema "Membangun Kolaborasi-Merajut Konektivitas untuk Transportasi yang Terintegrasi," merupakan bentuk respons dan tanggung jawab IKAALL terhadap dinamika pembangunan dan kemajuan transportasi di Tanah Air.

Ketua Umum DPP IKAALL Haris Muhammadun mengatakan, dengan besarnya potensi anggota IKAALL diharapkan linier dengan perkembangan transportasi di Indonesia.

"Kami yakin, tidak ada negara yang maju jika transportasi tidak baik. Dan tidak ada sistem transportasi yang baik jika tidak didukung ahli-ahli transportasi di dalamnya," ujar Haris, Jumat (6/3/2020).

Saat ini kata Haris, Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) telah masuk dalam program legislasi nasional prioritas untuk tahun 2020 besama dengan 49 RUU lainnya.

DPR pun kini menunggu masukan dari seluruh pemangku kepentingan. Karena itu, Seminar Revisi UU LLAJ ini merupakan bentuk berkontribusi aktif IKAALL dalam mengawal lahirnya undang-undang yang lebih baik dan menjawab kebutuhan transportasi Indonesia dalam jangka panjang.

Seminar yang dimoderasi oleh anggota DPOP IKAALL sekaligus Direktur Prasarana Transportasi Jalan Mohamad Risal Wasal diawali dengan keynote speech "Revisi UU LLAJ sebagai Momentum Penataan Transportasi secara Komprehensif" oleh Dirjen Perhubungan Darat yang diwakili oleh Direktur Sarana Transportasi Jalan Pandu Yunianto.

Dalam pemaparannya, Pandu menyampaikan, UU Nomor 22 Tahun 2009 membutuhkan penyempurnaan seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat saat ini.

Seminar ini juga menghadirkan empat pembicara lainnya dari berbagai unsur. Dari unsur Korlantas Polri diwakili oleh Kasi Standar Tindak Subdit Cegah dan Tindak DIT Kamsel AKBP Hendra Gunawan yang memaparkan "Disrupsi pada Kepolisian khususnya Pelayanan Lalu Lintas".

Dari unsur pemerintah provinsi diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo yang menyampaikan "Kesiapan Daerah dalam Menyongsong Pemberlakuan UU LLAJ Baru".

Dalam kesempatan ini, Syafrin juga menyampaikan keberhasilan Jakarta sebagai 'Honorable Mention' di ajang Sustainable Transport Award 2020 atas usahanya dalam mengembangkan sistem BRT, Transjakarta, serta keberhasilan dalam menaikkan jumlah penumpang hingga 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Usai seminar, acara dilanjutkan dengan Munassus IKAALL yang dihadiri perwakilan dari 30 DPD IKAALL di seluruh Indonesia dengan agenda utama pengesahan dan penandatanganan AD/ART IKAALL.

Munassus diawali dengan laporan hasil Rakernas IKAALL 2019 oleh Nugroho Suadi yang diamanatkan sebagai Ketua Tim Perumus sekaligus menyerahkan rancangan AD/ART kepada Ketua Umum DPP IKAALL Haris Muhammadun.

Dalam Munassus IKAALL ini juga ditetapkan Mars dan Hymne IKAALL yang diciptakan oleh anggota Badan Penguatan Keahlian IKAALL Edi Nursalam, yang sekaligus merupakan Direktur Prasarana BPTJ.

Kedua lagu tersebut juga dinyanyikan saat Munassus berlangsung. Dalam Munassus ini Haris juga menyerahkan secara simbolis kartu tanda anggota (KTA) yang merupakan smart card Visa IKAALL yang bekerja sama dengan BTN.

Sebagai rangkaian Munassus dan ajang silaturahmi, panitia menggelar Gala Dinner dan Malam Apresiasi. Acara ini dimulai dengan pemaparan rencana pembangunan Masjid Nurul Fikri oleh Direktur PTDI-STTD Hindro Surahmat. Pada kesempatan tersebut terkumpul sejumlah sumbangan dari berbagai DPD IKAALL dan angkatan STTD.

IKALL memberikan penghargaan kepada sejumlah alumni atas prestasi dan sumbangsihnya bagi organisasi. Penghargaan Best Career Achievement diberikan kepada Irjen Kemenhub I Gede Pasek Suardika, Kadishub Kota Medan Izwar, dan Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumut Putu Sumarjaya. Penghargaan Best Figure Achievement diberikan kepada Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo.

Sementara itu, penghargaan Best Creation Achievement diraih oleh Edi Nursalam serta penghargaan Best Young Performance diberikan kepada Shendy Revilla Putri. Malam keakraban ini ditutup dengan pengundian grand prize umroh untuk 2 orang, yang diberikan kepada Sapto Adi (angkatan 29) dan Rita Toba (angkatan 18) yang keduanya berasal ari DPD IKAALL Jawa Tengah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2983 seconds (0.1#10.140)