Rumah Tangga Jadi Klaster Covid-19, Wisma Atlet Disiapkan untuk Isolasi Mandiri

Jum'at, 04 September 2020 - 03:32 WIB
loading...
Rumah Tangga Jadi Klaster Covid-19, Wisma Atlet Disiapkan untuk Isolasi Mandiri
Ketua Satgas Doni Monardo mengatakan, Wisma Atlet disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 klaster rumah tangga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Klaster baru penyebaran Covid-19 di rumah tangga akibat keterbatasan tempat tinggal dan tidak adanya pilihan tempat lain untuk melakukan isolasi mandiri menjadi perhatian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Untuk itu, Ketua Satgas Doni Monardo berkomunikasi dengan pengelola Wisma Atlet untuk menyediakan tempat bagi masyarakat yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) untuk melakukan isolasi mandiri di sana. Selain meminta Rumah Sakit (RS) Wisma Atlet untuk menampung pasien di RS rujukan di DKI. “Kami berkomunikasi dengan Rumah Sakir Wisma Atlet menampung pasien dari rumah sakit rujukan sehingga beban rumah sakit rujukan di DKI bisa berkurang,” kata Doni dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2020). (Baca juga: Satgas Covid-19 Apresiasi Pemberlakuan Jam Malam di Depok-Bogor)

Kemudian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini juga meminta agar RS Wisma Atlet untuk menampung masyarakat yang kategori OTG dan gejala ringan untuk menyediakan tempat isolasi mandiri di sana. “Masyarakat yang statusnya OTG dan gejala ringan namun karena rumahnya tidak tepat untuk isolasi mandiri. Rumah Sakit Atlet bisa menampung masyarakat untuk isolasi mandiri yang disiapkan Wisma Atlet,” terang Doni. (Baca juga: BIN Targetkan Produksi Obat Covid-19 Selesai Awal Tahun 2021)

Selain itu, Doni mengatakan sedang berupaya membuat interoperabilitas data, agar data terkait Covid-19 ini terintregasi dan menjadi dashboard seluruh daerah. Data itu nantinya harus digunakan daerah dan pimpinan Satgas di provinsi dan kabupaten/kota untuk melihat daerah mana yang masuk zona merah sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan. Karena, Presiden Jokowi pun mengingatkan penggunaan gas dan rem dalam penanganan Covid ini.

“Ketika meningkat dan merah maka yang ditekan rem, ketika daerah sudah berkurang maka gas bisa ditambah dan setiap daerah harus selalu melihat perkembangan yang terjadi. Termasuk perkembangan harian perkembangan rumah mengalami peningkatan sehingga pimpinan daerah harus mewaspadai agar tidak terjadi kekhawatiran masyarakat atas tidak tersedianya rumah sakit,” paparnya. (Baca juga: Doni Monardo: Masih Ada Daerah Menganggap Corona Adalah Konspirasi)

Terlebih, Doni menambahkan, zona merah pun semakin lama semakin meningkat dan zona hijau, kuning dan oranye justru semakin berkurang. “Semula zona merah 32 sekarang menjadi 65, begitu juga zona oranye, kuning dan hijau mengalami penurunan. Diperlukan kerja sama dari masyarakat di daerah, untuk meningkatkan kerja sama melibatkan instrumen yang ada sampai ke tingkat RT dan RW,” imbau Doni. *kiswondari
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)