alexametrics

Keputusan Evakuasi WNI Tunggu Hasil Diplomasi dengan Jepang

loading...
Keputusan Evakuasi WNI Tunggu Hasil Diplomasi dengan Jepang
Presiden Joko Widodo masih menunggu hasil diplomasi dengan Pemerintah Jepang, terkait evakuasi WNI yang berada di Kapal Pesiar Diamond Princess. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menunggu hasil diplomasi dengan Pemerintah Jepang, terkait evakuasi warga negara Indonesia yang berada di Kapal Pesiar Diamond Princess.

Jokowi mengatakan, saat ini proses diplomasi masih berlangsung. "Ini juga masih proses diplomasi Indonesia dan Jepang, tapi di sana masih belum menjawabnya. Kita harapkan ada sebuah keputusan, sehingga bisa langsung memutuskan," kata Jokowi melalui siaran pers yang diterima SINDO, Jumat (21/2/2020).

(Baca juga: IDI Sebut Sering Berwudhu Virus Jadi Tak Mudah Masuk)

Meski begitu dia mengatakan, proses persiapan tetap dilakukan sambil menunggu hasil diplomasi. Sementara berkaitan dengan tempat, Jokowi mengaku belum ada keputusan.



"Ya ini dalam proses persiapan, tapi belum kita putuskan. Rumah sakit juga kita siapkan, tapi urusan yang berkaitan dengan tempat belum diputuskan," ungkapnya.

Selain itu belum diputuskan, juga soal mekanisme evakuasi. Dalam hal ini apakah evakuasi akan dilakukan lewat jalur laut atau udara.

"Apakah nanti dievakuasi dengan kapal, rumah sakit langsung, atau evakuasi dengan pesawat, ini belum diputuskan. Saya kira secepatnya (diputuskan)," tuturnya.

Seperti diketahui, kapal Diamond Princess telah menjalani proses karantina usai sejumlah penumpang maupun awaknya positif terinfeksi virus corona. Di mana di dalam kapal tersebut terdapat 78 WNI, empat di antaranya positif corona.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak