Eks Pimpinan KPK Prediksi Korupsi Bakal Tumbuh Subur ke Depan

Kamis, 13 Februari 2020 - 17:47 WIB
Eks Pimpinan KPK Prediksi Korupsi Bakal Tumbuh Subur ke Depan
Eks Pimpinan KPK Prediksi Korupsi Bakal Tumbuh Subur ke Depan
A A A
JAKARTA - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK,), Laode M Syarif memprediksi tindak pidana korupsi bakal bertumbuh subur dengan berlakunya Undang-undang KPK yang baru. Bahkan, dengan berlakunya Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, lembaga antikorupsi bakal melemah.

"Prediksi saya, akan makin banyak korupsi terjadi, karena tidak akan ada lagi ketakutan untuk melakukan korupsi dan insya Allah itu tidak terjadi," ujar Syarief usai menghadiri diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (13/2/2020). (Baca juga: Terkait Uji Formil UU KPK, MK Diharapkan Bisa Baca Suasana Batin Publik )

Laode juga menilai KPK akan semakin buruk di mata publik ke depannya berdasarkan salah satu survei. Jika dibiarkan begitu saja, Laode menggambarkan KPK akan seperti Candi Borobudur.

"Saya baca berita ada survei yang pada Agustus tahun lalu kita selalu nomor 1 dan 2. Sekarang, kita diangkatan kelima, sudah turun," katanya.

"Kalau tren ini sampai ke depan berlangsung terus, maka KPK itu akan menjadi bangunan seperti Borobudur cakep dilihat, tetapi sudah jarang dipakai ibadah bangunannya," tuturnya.

Hasil survei yang dimaksud Laode yakni hasil survei dari Lembaga Survei Alvara Research Center. Dalam survei bertajuk kepuasan publik terhadap kinerja lembaga negara di 100 hari kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo menempatkan KPK berada di posisi kelima. (Baca Juga: Polisi Sudah Cari Harun Masiku ke Sejumlah Tempat Ini).

Dalam survei itu menunjukkan penurunan kepercayaan publik setelah berlakunya Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019. Berdasarkan survei Alvara pada Agustus 2019, KPK berada di posisi kedua tertinggi, sedangkan pada Februari 2020 mereka berada di peringkat kelima.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3963 seconds (0.1#10.140)