alexametrics

Heboh Ucapan Kepala BPIP, Demokrat Ajak Simak Pesan SBY soal Pancasila

loading...
Heboh Ucapan Kepala BPIP, Demokrat Ajak Simak Pesan SBY soal Pancasila
Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut agama sebagai musuh terbesar Pancasila menjadi polemik.

Banyak pihak dari berbagai kalangan mengomentari pernyataan Yudian yang disampaikan dalam wawancara khusus dengan salah satu media online.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan juga memberikan respons atas pernyataan Yudian.



Hinca mengajak untuk mendengarkan kembali pernyataan Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang meminta agar jangan membenturkan Pancasila dan agama.

"Menanggapi apa yang diucapkan oleh Ketua BPIP saya mengajak semuanya untuk kembali mendengarkan pesan Pak SBY. Kita perlu sadar bahwa Pancasila dan Agama sama sekali bukan untuk dibenturkan," kata Hinca melalui akun Twitternya, @hincapandjaitan, Rabu (12/2/2020).

Hinca memposting video saat SBY yang sedang berpidato. Dalam video tersebut, SBY menegaskan bangsa Indonesia menjunjung tinggi keadilan, termasuk keadilan sosial bagi rakyatnya.

"Karena itu saya mengajak. Janganlah membenturkan Islam dengan Pancasila, jangan," kata SBY dalam video berdurasi 1 menit 11 detik itu.

Menurut SBY, Pancasila jangan dibenturkan dengan agaman mana pun. "Saya sendiri seorang muslimdan saya menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sekaligus saya juga menganut dasar negara Pancasila dan dengan sungguh-sungguh menjalankan dan mengamalkan sila sila Pancasla dalam kebidupan berbangsa dan bernegara," tutur SBY.

Dalam sebuah wawancara di media, Yudian menjelaskan tentang Pancasila sebagai asas bernegara dan asas-asas organisasi termasuk partai politik boleh memilih selain Pancasila saat memasuki era Reformasi.

Yudian juga menyebut ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri. Dia juga membahas tentang minoritas yang mengklaim sebagai mayoritas melawan Pancasila yang dinilainya berbahaya bagi Pancasila.




Menanggapi apa yang diucapkan oleh Ketua BPIP saya mengajak semuanya untuk kembali mendengarkan pesan pak @SBYudhoyono. Kita perlu sadar bahwa Pancasila dan Agama sama sekali bukan untuk dibenturkan. pic.twitter.com/TCiOfOFAEm

— HincaPandjaitanXIII (@hincapandjaitan) February 12, 2020
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak