Bulan Ini Kemenag Cetak 8.200 Penceramah Bersertifikat

Rabu, 02 September 2020 - 20:04 WIB
loading...
Bulan Ini Kemenag Cetak 8.200 Penceramah Bersertifikat
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan bahwa Kemenag akan memulai program penceramah bersertifikat bulan ini. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) akan memulai program penceramah bersertifikat bulan ini. Pada tahap pertama akan ada ribuan penceramah bersertifikat dari semua agama yang ada di Indonesia.

Dia menegaskan bahwa meski menimbulkan polemik, tapi Kemenag tetap akan melanjutkan program ini.

"Apa yang kami lakukan di Kementerian Agama, kami melakukan program penceramah bersertifikat. Akan kami mulai bulan ini. Tahap awal kami cetak lebih kurang 8.200 orang. Semua agama sukarela. Ada gesekan tidak setuju tidak masalah, kita lanjut," katanya saat Webminar Strategi Menangkal radikalisme pada Aparatur Sipil Negara (ASN), Rabu (2/9/2020). ( )

Dalam mencetak pencerah bersertifikat, Kemenag bekerja sama dengan pemimpin majelis-majelis keagamaan. Termasuk juga organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, BNPT, BIP, dan Lemhanas.

"Ini semua nanti mudah-mudahan menghasilkan penceramah paling tidak sudah kita bekali dengan banyak hal. Masalah wawasan kebangsaan, Pancasila, dan lain-lain hal sensitif yang harusnya diperjuangkan dan tidak boleh sampai dieliminasi," ungkapnya.

Fachrul mengatakan tidak akan mengumumkan siapa tokoh agama yang bersertifikat. Namun dia meminta agar masyarakat mengundang penceramah yang bersertifikat. ( )

"Tolong yang diundang kalau ceramah-ceramah di rumah-rumah ibadah kita, khususnya di ASN, hanya mereka yang sudah dibekali menjadi penceramah bersertifikat. Mudah-mudahan dengan itu ada sedikit upaya mengeliminasi penyebarannya (paham radikal)," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)