alexametrics

Ke Surabaya, Jokowi Jajal Kapal Selam KRI Alugoro 405

loading...
Ke Surabaya, Jokowi Jajal Kapal Selam KRI Alugoro 405
Presiden Jokowi saat masuk ke Kapal Selam Alugoro di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). Foto/Setkab
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau kapal selam KRI Alugoro-405.

Kapal selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari batch pertama kerja sama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Dikutip dari setkab.go.id, Keberhasilan pembangunan kapal selam Alugoro menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.



Jokowi mendapatkan penjelasan setibanya di PT Penataran Angkatan Laut (PAL) terkait kapal selam tersebut. (Lihat Juga: Foto-foto Kapal Selam KRI Alugoro 405)

Setelah mendapatkan penjelasan dari Direktur Utama PT PAL, Budiman Saleh, Presiden masuk ke dalam Kapal selam KRI Alugoro-405 yang memiliki kecepatan maksimum 21 knot ketika berada di bawah air dengan kapasitas 40 orang dan mampu menjelajah hingga 50 hari.

Sebagai informasi, Kapal selam buatan PT PAL Indonesia (Persero) KRI Alugoro-405 ini melakukan uji Sea Acceptance Test (SAT) sejak pertengahan Januari 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kapal selam ini berhasil diproduksi di Indonesia dengan menggandeng Korea Selatan (Korsel). Kapal selam ini merupakan pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi," tulis setkab.go.id

Mendampingi Presiden dalam Kunjungan kerja kali ini di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menhan Prabowo Subianto, SKP M. Fadjroel Rachman, dan SKP Putri Tanjung.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak