Waketum PAN: Tanpa Ideologi, Partai Politik Bakal Seumur Jagung

Jum'at, 10 Januari 2020 - 18:20 WIB
Waketum PAN: Tanpa Ideologi, Partai Politik Bakal Seumur Jagung
Waketum PAN: Tanpa Ideologi, Partai Politik Bakal Seumur Jagung
A A A
JAKARTA - Umur sebuah partai politik (parpol) diyakini tidak akan bertahan lama jika tanpa memiliki ideologi yang jelas.

"Partai politik itu harus didirikan oleh sebuah ideologi yang jelas. Tanpa ideologi, keberadaan partai politik itu saya yakin akan seumur jagung," ujar Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi dalam diskusi di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020). (Baca juga: Amien Rais Idealnya Mengayomi Semua Calon Ketua Umum PAN)

Hal tersebut merupakan salah satu syarat menjadi partai politik yang modern. "Saya bersyukur bahwa PAN itu didirikan lahir dari rahim reformasi, diperuntukkan buat bangsa, dalam kerangka ingin menjadi partai modern," katanya. (Baca juga: Zulkifli Hasan Punya Peluang Besar Menang di Kongres PAN)

Dia menegaskan, PAN bukan partai Islam. Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). PAN adalah partai nasionalis religius. "Asasnya PAN itu adalah Pancasila. Dasarnya, moral politik berlandaskan agama yang membawa rahmat bagi sekalian alam. Kalau dalam bahasa Maduranya, namanya Rahmatan Lil Al-Amin," ungkapnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7786 seconds (0.1#10.140)