Jokowi Datang ke Natuna, Fadli Zon Ingin Lihat Reaksi China

Rabu, 08 Januari 2020 - 19:09 WIB
Jokowi Datang ke Natuna, Fadli Zon Ingin Lihat Reaksi China
Jokowi Datang ke Natuna, Fadli Zon Ingin Lihat Reaksi China
A A A
JAKARTA - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Natuna, Kepulauan Riau hari ini dianggap sia-sia jika kapal-kapal negara asing nantinya masih menerobos Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia itu.

Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon berharap kunjungan Presiden Jokowi ke kawasan Natuna untuk memberikan pesan kepada negara lain bahwa kedaulatan Indonesia tidak boleh diganggu.

"Saya kira mestinya sih kita harapkan begitu. Cuma kan apakah bisa dianggap mempunyai efek deteren apa tidak, kalau dianggap tidak, menurut saya ini membuat kita justru semakin tidak berwibawa," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/1/2020). (Baca Juga: Naik Kapal Perang, Jokowi Pantau Langsung Situasi Perairan Natuna)

Ketua Badan Kerja Sama Antarparlemen (BKSAP) DPR ini menambahkan, kunjungan seorang presiden ke wilayah sengketa harus memiliki dampak yang luas atau besar. "Harusnya berwibawa, ya kita lihat nanti dampaknya beberapa waktu ke depan, kalau ternyata masih ada kapal-kapal yang terus melintas batas, tidak pada tempatnya, secara ilegal, berarti kunjungan itu kan dianggap tidak ada oleh mereka (China-red)," tuturnya. (Baca Juga: Jokowi Datangi Natuna, Istana: Kedaulatan Negara Tak Boleh Diganggu)
Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Indonesia telah melayangkan nota protes ke Pemerintah China. Protes disampaikan karena kapal pejaga pantai (coast guard) dan kapal-kapal ikan China memasuki perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna. Bukan meminta maaf, China justru mengklaim memiliki hak atas perairan tersebut.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8786 seconds (0.1#10.140)