Hebat, Mahasiswa Indonesia Dominasi Wisuda di Universitas Al-Ahgaff Yaman

Minggu, 30 Agustus 2020 - 21:04 WIB
loading...
Hebat, Mahasiswa Indonesia Dominasi Wisuda di Universitas Al-Ahgaff Yaman
Sebanyak 52 mahasiswa asal Indonesia diwisuda di Universitas Al-Ahgaff Yaman dengan predikat Cumlaude. Sebuah prestasi yang turut membanggakan Indonesia di luar negeri. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Indonesia menorehkan prestasi di luar negeri. Sebanyak 52 mahasiswa asal Indonesia diwisuda di Universitas Al-Ahgaff Yaman dengan predikat Cumlaude. Wisuda ke-21 ini didominasi oleh mahasiswa Indonesia yang digelar pada Kamis (27/8/2020) malam.

Menurut Muhammad Fathullah Ishak, mahasiswa Fakultas Syari'ah Universitas Al-Ahgaff Kota Tarim, Provinsi Hadhramaut, Yaman, asal Lombok, para wisudawan berasal dari berbagai negara, di antaranya Yaman, Indonesia, Somalia, dan Thailand. Acara wisuda ini diikuti oleh 71 mahasiswa yang berhasil meraih gelar sarjana dari dua fakultas, Fakultas Syariah dan Fakultas Syariah dan Hukum.

Pada wisuda kali ini, wisudawan asal Indonesia merupakan wisudawan terbanyak, yaitu 52 orang. Selain itu, dari Somalia sebanyak 2 orang, dari Yaman sebanyak 13 orang dan dari Thailand sebanyak 4 orang. (Baca Juga: Perang di Yaman Sengsarakan Mahasiswa Indonesia)

Menurut data mahasiswa dari Majlis Kantor Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff, tahun ini sebanyak 52 mahasiswa Indonesia lulus dari Al-Ahgaff dan satu di antaranya berhasil meraih Cumlaude dengan meraih IPK 4,61. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi pelajar Indonesia di Yaman.

Hebat, Mahasiswa Indonesia Dominasi Wisuda di Universitas Al-Ahgaff Yaman


Menariknya, prosesi wisuda digelar sangat rapi. Para wisudawan diposisikan di tengah ruangan utama dengan mengenakan gamis putih dan jubah hijau serta penutup kepala khas Al-Ahgaff yang berwarna kuning dibalut dengan sorban putih.

Hadir dalam acara itu Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof Dr Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun; Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Ustadz Abdullah Awadh bin Smith; para dosen dan semua civitas Universitas Al-Ahagff, serta para tamu undangan lainnya.

Prosesi wisuda diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan Hadis Nabi serta sanad-nya dan dilanjutkan dengan pemyampaian kata sambutan dari perwakilan mahasiswa, dekan fakultas dan diakhiri oleh sambutan dari rektor Universitas Al-Ahgaff yang disampaikan langsung oleh Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun, sekaligus penganugerahan penghargaan kepada mahasiswa yang memperoleh predikat Cumlaude.( )

Dalam sambutannya, Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun mengajak para wisudawan untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah Ta'ala kepada mereka, sehingga bisa menyelesaikan pendidikannya selama lima tahun ini. "Mensyukuri nikmat adalah tanda kita berterima kasih kepada Allah SWT," ungkapnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan prosesi penyematan para wisudawan. Satu per satu mahasiswa dipersilakan untuk naik ke atas panggung dan diwisuda langsung oleh Rektor Universitas dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum.

Acara yang sangat meriah tersebut berakhir pada pukul 22.00 waktu setempat. Acara ditutup dengan salat Isya berjamaah dan makan malam bersama. Selamat kepada seluruh para wisudawan. Semoga ilmunya berkah dan bermanfaat, bagi pribadi dan masyarakat. Sekian!
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2814 seconds (0.1#10.140)