Stafsus Milenial Jokowi Ini Ajak Generasi Muda Mau Berwirausaha

Minggu, 30 Agustus 2020 - 16:21 WIB
loading...
Stafsus Milenial Jokowi Ini Ajak Generasi Muda Mau Berwirausaha
Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi), Billy Mambrasar. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Pemuda asli Papua Jonathan Warinussy, tidak bermimpi muluk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dicita-citakan oleh orang tuanya atau mayoritas masyarakat Papua. Sebaliknya, pria kelahiran Serui dan besar di Jayapura itu berkeinginan menjadi seorang wirausahawan sukses, serta lebih berguna bagi orang lain.

(Baca juga: Kemendikbud Dorong Wirausaha Muda dari Kampus)

"Dengan menjadi wirausahawan, dapat membantu anak-anak Papua lain di Bandung, yang butuh uang bisa kerja di sini, untuk bantu memenuhi kebutuhan hidup mereka setidaknya, sambil mereka belajar wirausaha juga," kata Jonatan, Minggu (30/8/2020).

Dia masih bergelut untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya di Kota Bandung dengan menjual nasi kuning. Ke depannya, dia ingin mendorong lebih banyak lagi anak-anak Papua dan Indonesia Timur untuk dapat menjadi entrepreneur.

(Baca juga: Pemuda Harus Jadi Agen Perubahan di Era Digital)

"Saya beberapa kali sudah mengadakan acara seminar kewirausahaan di kedai saya bersama teman-teman Papua, dan sudah ada yang tertarik menjadi pengusaha dengan buka kedai juice di samping kedai saya," kata mahasiswa yang tengah menyelesaikan skripsinya di Universitas Komunikasi Bandung jurusan Akuntansi ini.

Dia mengajak para pemuda dan pemudi dari Bumi Cenderawasih itu untuk ikut membangun Tanah Papua dengan cara menjadi pelaku bisnis. Sebab, dia menilai hal tersebut merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan harkat, martabat dan kebanggaan orang-orang Asli Papua.

Sementara itu, Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi), Billy Mambrasar yang juga merupakan contoh entrepreneur muda sukses dari Papua memberikan apresiasinya dan mendukung langkah anak-anak Asli Papua seperti Jonathan Warinussy.

"Sudah waktunya anak-anak Papua membuktikan bahwa kita juga bisa jauh lebih hebat dari anak-anak lain, dan paling utamanya dalam bidang kewirausahaan," kata Billy yang juga seorang pengusaha muda dan pegiat sosial ini.

"Orang-orang terkaya di Indonesia dan juga di dunia kan adalah entrepreneurs. Kita bisa buat Papua maju dan sejahtera dengan menggerakkan sektor kewirausahaan ini," ujar Billy Mambrasar yang juga sudah pernah mencicipi makanan Jonathan ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)