KSAL Sematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Wapres KH Ma'ruf Amin

Rabu, 16 Oktober 2024 - 07:30 WIB
loading...
KSAL Sematkan Brevet...
KSAL Laksamana Muhammad Ali menyematkan brevet kehormatan kepada Wapres KH Ma’ruf Amin. Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dari TNI Angkatan Laut.

Penyematan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden, Jl. Kebon Sirih Nomor 14, pada Selasa, (15/10/2024).

Prosesi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diakhiri dengan pemutaran Hymne Hiu Kencana.



Brevet Hiu Kencana merupakan lambang kehormatan bagi Satuan Kapal Selam di TNI AL. Sebagaimana dikutip dari 'Tradisi TNI Angkatan Laut' yang dilansir situs resmi TNI, penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana ini bermula dari adanya kegiatan rutin pengangkatan warga kehormatan kapal selam pada 1959.

Brevet Kehormatan Hiu Kencana sebagaimana yang diterima Wapres, melambangkan kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap TNI AL. Brevet ini merupakan bentuk tanda penghormatan terhadap dukungan Wapres selama ini untuk kemajuan TNI AL dan kejayaan laut Indonesia.



Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menerima brevet kehormatan ini pada 28 September 2024 dalam upacara yang dilakukan di atas KJRI dr. Radiman Wedyodiningrat (RJW-992).

“Penghargaan atau tanda kehormatan dan penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana ini ditujukan pada seluruh pejabat negara yang pernah berjasa dalam membangun kekuatan TNI Angkatan Laut dan khususnya membantu keluarga besar Hiu Kencana,” katanya usai upacara penyematan.

“Seharusnya sebenarnya beliau waktu itu disematkan juga bersamaan dengan Bapak Presiden di atas RI dr. Radjiman Wedyodiningrat pada 28 September, dalam rangka persiapan hari ulang tahun TNI dan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut. Tapi karena beliau pada saat itu sedang melaksanakan kunjungan ke luar negeri jadi tidak sempat, maka akhirnya dilaksanakan pada hari ini di Istana Wapres, di Merdeka Selatan,” pungkasnya.

(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)