Ini Imbauan BMKG Jika Melihat Kemunculan Angin Puting Beliung

Sabtu, 14 Desember 2019 - 06:37 WIB
Ini Imbauan BMKG Jika Melihat Kemunculan Angin Puting Beliung
Ini Imbauan BMKG Jika Melihat Kemunculan Angin Puting Beliung
A A A
JAKARTA - Kepala bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary Djatmiko menyampaikan imbauan kepada masyarakat apabila melihat kemunculan angin puting beliung. Jika terdapat pohon yang rimbun dan tinggi serta rapuh agar segera ditebang untuk mengurangi beban berat pada pohon tersebut.

"Memperkuat bagian atap rumah yang rapuh karena sangat mudah sekali terhempas oleh puting beliung, sedangkan atap rumah yang permanen, kemungkinannya kecil untuk terhempas," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Jumat (13/12/2019).

Dia menambahkan, apabila melihat awan yang tiba-tiba gelap, padahal sebelumnya cerah sebaiknya untuk tidak mendekati daerah awan gelap tersebut. Selain itu, jika berada di dekat pohon sebaiknya menjauh. Karena bisa saja angin puting beliung merusak pohon dan menimpa.

"Cepat berlindung dalam ruangan yang kokoh, hindari berdiri di dekat pepohonan yang berpotensi roboh, atau menjauh dari lokasi kejadian karena fenomena tersebut sangat cepat terjadi," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6022 seconds (0.1#10.140)