alexametrics

Ibu Kota Negara Dipindah ke Kaltim, Sutiyoso: Jakarta Lebih Nyaman

loading...
Ibu Kota Negara Dipindah ke Kaltim, Sutiyoso: Jakarta Lebih Nyaman
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso meminta masyarakat Jakarta tidak perlu khawatir jika Ibu Kota Negara dipindah ke Kalimantan Timur. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur mendapat reaksi beragam dari berbagai kalangan. Salah satunya dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

Bang Yos panggilan akrab Sutiyoso menilai, wacana pemindahan Ibu Kota akan berdampak positif bagi kota Jakarta. Karena dapat menekan volume kendaraan di Jakarta dan arah pembangunan infrastruktur menjadi lebih terfokus.

"Kita akan lebih nyaman, karena jalan tidak akan terganggu konvoi mobil tamu negara atau menteri dan presiden," kata Sutiyoso dalam acara seminar DPD KNPI DKI Jakarta dengan tema 'Bagaimana Masa Depan Jakarta Pasca Ibu Kota Pindah' di Aula Merah Putih Gedung Lembaga Pertahanan Nasional, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).



Bang Yos mengingatkan kepada warga Jakarta agar tidak khawatir terkait rencana pemindahan Ibu Kota. Sebab, fungsi kota Jakarta sendiri tidak akan berpindah karena masih banyak dihuni para pelaku ekonomi.

"Engga usah khawatir jika Jakarta sudah tidak lagi menjadi Ibu Kota. Jangan artikan kalau Ibu Kota pindah, wah berarti pindah semua dong? Tidak karena Jakarta masih menjadi pusat perekonomian," ungkapnya.

Sutiyoso menambahkan, jika pemindahan Ibu Kota sudah terlaksana maka status Jakarta dan kota penyangga Ibu Kota juga perlu dipikirkan. Sebab itu, dia mendorong adanya penggabungan antara kota penyangga demi mencapai kesejahteraan masyarakat. "Menggabungkan Jabodetabek dengan Jakarta itu sangat realistis, jika gabung paling tidak secara tata ruang akan mendapat madunya," katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak