Parpol KIM Ramai-ramai Setor Nama Calon Menteri ke Prabowo

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:20 WIB
loading...
Parpol KIM Ramai-ramai...
Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) ramai-ramai menyetor nama calon menteri ke Presiden terpilih Prabowo Subianto. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) ramai-ramai menyetor nama calon menteri ke Presiden terpilih Prabowo Subianto . Sudah ada Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat yang mengajukan nama-nama calon menteri untuk mengisi kabinet Prabowo-Gibran.

"Sudah ada nama-nama kader terbaik Demokrat yang diberikan ke Pak Prabowo," ujar Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).



Sayangnya, dia enggan membeberkan identitas dan jumlah kader yang disetor ke Prabowo. “Nanti tunggu saja hasil keputusan Prabowo,” ucapnya.

Saat disinggung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipertahankan oleh Prabowo, Riefky tak menjawab. "Kita masih tunggu kabarnya. Kita serahkan semua ke Pak Prabowo," katanya

Selain itu, komunikasi antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Prabowo juga masih terjalin.

Partai Golkar juga menyodorkan nama-nama calon menteri, bahkan Golkar berharap Prabowo memberi lebih dari 5 jatah kursi kabinet. "Saya berdoa lebih dari lima, tapi kan kita nggak tahu Prabowo maunya berapa," ujar Sekjen Partai Golkar Sarmuji di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Saat disinggung jumlah dan nama kader yang diajukan untuk mengisi kabinet Prabowo, Sarmuji enggan menjawab. "Ya saya nggak bisa sebutkan," ucapnya.

Namun, dia meyakini Prabowo memahami bahwa Golkar memiliki banyak kader berlatar teknokrat.

"Saya meyakini Pak Prabowo tahu benar kondisi Golkar yang banyak terisi kaum teknokrat, orang yang dalam perjalanan karier politiknya ditempa dalam teknokrasi," ujar Sarmuji.

Sementara, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menilai komposisi menteri di kabinet Prabowo-Gibran sudah tahap finalisasi. Namun, dia mengaku belum tahu pasti susunan kabinet Prabowo.

Muzani juga tak mengetahui pasti pengerucutan komposisi kabinet sudah sejauh apa. Dia memperkirakan pengerucutan pembentukan kabinet sudah tahap jumlah nomenklatur dan nama calon menteri.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0760 seconds (0.1#10.140)