Anak Menkumham Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR dari Unsur DPD

Kamis, 03 Oktober 2024 - 06:16 WIB
loading...
Anak Menkumham Terpilih...
6 Anggota DPD mencalonkan diri dalam pemilihan Wakil Ketua MPR dari unsur DPD, Rabu (2/10/2024) malam. Mereka adalah Ahmad Mawardi, Daud Yordan, Agustinus Teras Narang, Maya Rumantir, Fadel Muhamad, dan Akbar Supratman. FOTO/SINDOnews/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Abchandra Muhammad Akbar Supratman terpilih sebagai Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD. Putra sulung Menteri Hukum dan HAM ( Menkumham ) Supratman Andi Agtas itu terpilih lewat hasil pemungutan suara atau voting yang dilakukan lewat dua putaran.

Pada putaran pertama, Abchandra Akbar ungggul atas lima calon lainnya dengan memperoleh 45 suara. Sementara, Fadel Muhammad memperoleh 38 suara, Daud Yordan 29 suara, Agustin Teras Narang memperoleh 17 suara, AA Ahmad Nawardi memperoleh 13 suara, dan Maya Rumantir 1 suara.

Abchandra Akbar dan Fadel Muhammad dinyatan melaju ke putaran kedua. Hasilnya, Abchandra kembali unggul atas Fadel Muhammad yang merupakan Wakil Ketua MPR periode 2019-2024 tersebut.



Abchandra memperoleh suara sebanyak 93, dan Fadel Muhammad memperoleh 50 suara. Sedangkan, terdapat satu suara yang dinyatakan tidak sah.

"Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR sebagai Wakil Ketua MPR adalah Abchandra Akbar," kata Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung selaku pimpinan rapat, Kamis (3/10/2024).

Celotehan Komeng

Sementara itu, anggota DPD Alfiansyah Komeng kembali menyita perhatian dalam rapat pemilihan Wakil Ketua MPR dari unsur DPD. Momen itu terjadi ketika putra sulung Menkumham Supratman Andi Agtas, Abchandra Muhammad Akbar Supratman ikut mendaftar sebagai calon Wakil Ketua MPR.

Pendaftaran Akbar menjadi sorotan Anggota DPD lainnya. Momen itu terjadi ketika Akbar akan menyerahkan surat dukungan yang telah didapatnya.

Surat dukungan yang diserahkan kepada pimpinan rapat ada kesalahan, dan meminta izin mengambil berkas perbaikannya. Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung pun mengabulkan permohonannya.



"Ya saya persilakan beri kesempatan 10 menit untuk mengambil surat. Silakan yang lain kalau mau megumpulkan surat dukungan untuk maju juga kita persilakan, pokoknya ini kita buka seluas-luasnya, ini kompetisi yang seluas-luasnya untuk menghadirkan kandidat yang paling bagus," kata Tamsil dalam rapat DPD yang digelar di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024) malam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)