11 Pati Polri Bertugas di Kementerian, Nomor 8 dan 10 Jabat Sekretaris Jenderal

Kamis, 03 Oktober 2024 - 06:01 WIB
loading...
11 Pati Polri Bertugas...
Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri berpangkat bintang saat ini bertugas di kementerian. FOTO ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah Perwira Tinggi ( Pati) Polri berpangkat bintang saat ini bertugas di kementerian . Dua di antaranya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Pati Polri merupakan golongan kepangkatan di lingkungan Polri. Pangkat terendah dari golongan Pati adalah Pangkat Bintang Satu atau disebut Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), di atasnya terdapat Pangkat Bintang 2 atau Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol), Pangkat Bintang 3 atau Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol), dan tertinggi adalah Pangkat Bintang Empat atau Jenderal Polisi.

Dari sekian banyak Pati Polisi, beberapa di antaranya bertugas di luar institusi Polri, seperti di kementerian dan lembaga. Lalu siapa saja Pati Polri yang saat ini bertugas di kementerian?



Daftar Pati Polri yang Bertugas di Kementerian

1. Brigjen Pol Hermanta

Salah satu Pati Polri yang bertugas di kementerian adalah Brigjen Pol Hermanta. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 itu kini menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan pada Kementerian Perhubungan.

Beberapa jabatan yang pernah diemban sebelumnya oleh Hermanta adalah Dan Kapal Klas B Satrol Pansu Subdit Polair Dit Polairud Baharkam, Dan Kapal Klas A2 KP Baladewa Satrolnus Dit Polair Babinkam Baharkam, Kasilugri Subditkerma Ditpolair Baharkam, dan Analis Kebijakan Muda Bidang Polair Baharkam.

2. Brigjen Pol Ratna Pristiana Mulya

Selanjutnya adalah Brigjen Pol Ratna Pristiana Mulya. Jenderal bintang 1 itu saat ini menjabat Direktur Intelijen Keimigrasian, Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

3. Brigjen Pol Anom Wibowo

Brigjen Pol Anom Wibowo juga termasuk Pati Polri yang bertugas di kementerian. Sama seperti Ratna Pristiana Mulya, Anom juga bertugas di Kemenkumham sebagai Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

4. Irjen Pol Andry Wibowo

Kemudian ada nama Irjen Pol Andry Wibowo yang bertugas di kementerian. Abituren Akpol 1993 itu menjabat sebagai Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Andry Wibowo pernah mengemban jabatan strategis sebelum bertugas di Kemenko Polhukam. Antara lain Kapolres Bengkalis, Riau; Dirreskrimsus Polda Sulawesi Barat, Kapolres Metro Jakarta Timur, dan Kabinda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

5. Irjen Pol Victor Gustaaf Manoppo

Irjen Pol Victor Gustaaf Manoppo masuk dalam daftar Pati Polri yang bertugas di kementerian. Lulusan Akpol 1990 itu kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Riwayat karier Victor Gustaaf cukup panjang di kepolisian. Antara lain Wakapolres Taput, Wakapolres Langkat, Kapolres Persiapan Toba Samosir, dan Kapolres Bandung Timur. Victor sempat ditugaskan di Badan Intelijen Negara (BIN) sebelum diangkat menjadi Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2017. Jabatan terakhirnya di kepolisian sebagai Wakil ketua Bidang PPITK STIK Lemdiklat Polri.

6. Irjen Pol Lotharia Latif

Selanjutnya ada Irjen Pol Lotharia Latif. Lulusan Akpol 1988-B ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sebelum bertugas di kementerian, Lotharia pernah mengemban sejumlah jabatan strategis di kepolisian. Antara lain Kapolres Pekalongan, Kapolres Blora, Dirlantas Polda Kalimantan Barat, dan Wakapolda Sulawesi Utara. Kemudian ditugas sebagai Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kakorpolairud Baharkam Polri, Kapolda NTT, dan Kapolda Maluku.

7. Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw

Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw juga masuk dalam Pati Polri yang bertugas di kementerian. Lulusan Akpol 1990 itu saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Di kepolisian, Tomsi Tohir pernah menjabat sebagai Kapolres Pamekasan, Kapolres Jombang, Kabid Propam Polda Jawa Timur, Dirreskrimsus Polda Sumatera Selatan, Kapolda Banten, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sahlisospol Kapolri.

8. Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho

Pati Polri selanjutnya yang bertugas di kementerian adalah Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho. Alumni Sekolah Perwira Polri 1993 itu menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)