Daftar Letjen TNI yang Berasal dari Korps Infanteri, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa

Rabu, 02 Oktober 2024 - 07:53 WIB
loading...
Daftar Letjen TNI yang...
Ada sejumlah perwira tinggi (Pati) Angkatan Darat (AD) yang menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI dari Korps Infanteri Kostrad. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Perwira tinggi (Pati) Angkatan Darat (AD) yang menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI dari Korps Infanteri Kostrad menarik untuk diulas. Mereka merupakan Jenderal TNI yang memiliki karier cukup cemerlang.

Berdasarkan data yang dihimpun SINDOnews, Rabu (2/10/2024) tercatat ada 4 Letjen TNI yang berasal dari Korps Infanteri Kostrad. Mulai dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sekretaris Menko Polhukam hingga Wakil KSAD.

Saat ini, para perwira tinggi Jenderal Bintang Tiga tersebut menduduki sejumlah jabatan strategis baik di institusi TNI maupun di luar institusi.

Berikut ini ulasan 4 Pati TNI AD berpangkat Letjen TNI tersebut:

Daftar Letjen TNI yang Berasal dari Korps Infanteri, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa


1. Letjen TNI Suharyanto

Letjen TNI Suharyanto saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jabatan itu disandangnya sejak 17 November 2021.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari satuan Infanteri Kostrad ini merupakan Jenderal TNI yang memiliki karier cukup cemerlang. Beberapa jabatan strategis di institusi TNI pernah diembannya. Di antaranya, Dandim 0832/Surabaya Selatan pada 2006, Kasi Intel Korem 081/Dhirotsaha Jaya .

Selain itu, pria kelahiran Cimahi, Bandung, Jawa Barat pada 8 September 1967 ini juga pernah menjabat sebagai Danrem 051/Wijayakarta. Kariernya terus meningkat, dia diangkat menjadi Karo Kepegawaian Settama BIN, Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN dan Kasdam Jaya. Sesmilpres Kemensetneg RI, Pangdam V/Brawijaya dan kini Kepala BNPB.

Daftar Letjen TNI yang Berasal dari Korps Infanteri, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa

2. Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso merupakan perwira tinggi bintang tiga yang kini menjabat sebagai Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam). Jabatan tersebut diembannya sejak 27 Juni 2022.

Jenderal TNI kelahiran Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada 20 April 1968 ini merupakan lulusan terbaik Akmil 1991 dari satuan Infanteri Kostrad peraih Adhi Makayasa. Selama meniti kariernya di militer, sejumlah jabatan penting di TNI pernah diembannya. Di antaranya, Danrem 172/Praja Wira Yakthi saat berpangkat Kolonel.

Kariernya terus meningkat hingga akhirnya pecah bintang saat menduduki jabatan Wadanpussenif Kodiklatad, kemudian dia dimutasi menjadi Kasdam VI/Mulawarman. Saat menyandang pangkat Mayjen TNI, dia dipercaya menjabat sebagai Danpussenif Kodiklatad, Danpuspenerbad, dan Pangdam VI/Mulawarman sebelum akhirnya Sesmenko Polhukam.

Daftar Letjen TNI yang Berasal dari Korps Infanteri, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa

3. Letjen TNI Tandyo Budi Revita

Letjen TNI Tandyo Budi Revita merupakan orang nomor dua di TNI AD sebagai Wakil KSAD. Jabatan tersebut diembannya sejak 21 Februari 2024 setelah menggantikan Letjen TNI Arif Rahman yang memasuki masa purna tugas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0746 seconds (0.1#10.140)