Tak Hanya ke Bioskop, Satgas Ungkap Cara Lain Tingkatkan Imun Tubuh

Kamis, 27 Agustus 2020 - 22:14 WIB
loading...
Tak Hanya ke Bioskop, Satgas Ungkap Cara Lain Tingkatkan Imun Tubuh
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wacana pembukaan bioskop dinilai menjadi salah satu langkah meningkatkan imun tubuh karena adanya hiburan melalui menonton film. Namun menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh.

“Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bukan hanya menonton di bioskop. Tapi juga bisa menonton film di rumah, dan juga bisa melakukan aktivitas lain,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (27/8/2020). (Baca juga: Ketentuan dari Satgas Covid-19 untuk DKI jika Mau Bioskop Dibuka)

Dia mengatakan cara yang paling mudah adalah istirahat dan olahraga yang cukup. Selain itu juga harus menjaga diri agar jangan sampai stres. “Ada berbagai cara untuk menjaga imunitas tetap tinggi. Yang paling mudah adalah istirahat yang cukup, melakukan olahraga yang cukup, dan ketiga tentunya menjaga asupan gizi yang baik atau seimbang. Sehingga betul-betul imunitas dalam tubuh dalam kondisi maksimal. Tentu kondisi ini ditambah dengan kesehatan mental dan tidak stres, itu akan menjaga imunitas.,” paparnya. (Baca juga: Pembukaan Bioskop Harus Perhatikan Risiko Penularan, Satgas: Zona Hijau Bisa Dipertimbangkan)

Dia mengatakan imunitas ini merupakan bentuk ketahanan tubuh terhadap penyakit. Menurutnya, kondisi jiwa yang bahagia mempunyai potensi untuk meningkatkan atau menurunkan tingkat stres yang ada pada tubuh. “Biasanya stres ini memicu ketidakteraturan respons imun pada tubuh dan biasanya akan menghambat kinerja sel darah putih terhadap bakteri dan virus sehingga menjadi rentan terjadinya infeksi," ujarnya.

Namun dia menyerahkan kepada masyarakat terkait cara meningkatkan imun tubuh. “Tetapi pilihan yang bisa diambil oleh masyarakat kita serahkan kepada masyarakat. Yang jelas harus aman Covid-19 dan betul-betul kita bisa produktif menjalankan kehidupan sehari-hari,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)