TNI AD Tawarkan Bantuan Militer kepada Negara-negara ASEAN

Senin, 25 November 2019 - 20:04 WIB
TNI AD Tawarkan Bantuan Militer kepada Negara-negara ASEAN
TNI AD Tawarkan Bantuan Militer kepada Negara-negara ASEAN
A A A
BANDUNG - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan TNI AD siap membantu negara-negara ASEAN yang menghadapi kesulitan apa pun, terutama terkait keamanan negara.

Hal itu diungkapkan Andika dalam 20th ASEAN Chiefs of Army Multilateral Meeting (ACAMM) atau Pertemuan Multilateral Pimpinan Angkatan Darat Negara-negara ASEAN di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (25/11/2019). (Baca Juga: Prabowo Usul Bentuk Pasukan Gabungan Angkatan Darat se-ASEAN)

Negara-negara tetangga yang tergabung dalam ASEAN, kata Andika, tinggal meminta bantuan apa pun yang harus dilakukan oleh TNI Angkatan Darat . "Saya akan menghubungi. Jika perlu, saya akan mendatangi negara-negara tetangga ini sehingga tahu apa yang dibutuhkan," ujar dia.

Andika juga berjanji untuk tidak hanya membantu pertahanan atau bidang militer, tetapi dalam penanganan isu-isu yang berkembang di negara tersebut.

"Jangan sampai Negara-negara ASEAN ini memiliki imej buruk akibat hoaks, bahkan diibaratkan sebagai musuh bersama. Maka dari itu kami juga akan membantu dalam penanganan berita-berita bohong atau hoaks yang mengancam keamanan negara," tutur KSAD.

Negara-negara di ASEAN, ungkap Andika, harus selalu saling membantu. Jangan sampai ada isu berkembang yang akan memecah belah kebersamaan negara-negara di ASEAN. "Kebersamaan harus diutamakan," katanya.

Andika mengajak para KSAD negara-negara ASEAN untuk sama-sama menjaga hak asasi manusia. "Penegakkan hak asasi manusia ini merupakan sebuah keinginan dari kita sebagai umat manusia," tandas Andika.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2251 seconds (0.1#10.140)