Kemlu Sebut Diplomasi Indonesia Diperhitungkan di Tingkat Global

Senin, 23 September 2024 - 20:09 WIB
loading...
A A A
Indonesia juga memegang peran kunci di ASEAN, terutama selama Keketuaan ASEAN 2023. Pahala menjelaskan Indonesia mendorong visi jangka panjang ASEAN untuk menjadi kawasan yang lebih tangguh menghadapi tantangan global.

Salah satu inisiatif utama adalah ASEAN Indo-Pacific Forum, yang menghasilkan 93 proyek kerja sama senilai USD38,2 miliar. Melalui kepemimpinan di ASEAN, Indonesia telah memperkuat posisi kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia dan memastikan stabilitas regional di tengah dinamika geopolitik yang terus berkembang.

Capaian-capaian diplomasi Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir merupakan bukti komitmen negara ini untuk terus berperan aktif dalam membentuk tatanan dunia yang lebih adil, stabil, dan damai.

Indonesia tidak hanya menjadi bagian dari dialog global, tetapi juga menjadi motor penggerak dalam mencari solusi kolektif atas tantangan-tantangan besar yang dihadapi dunia, mulai dari perdamaian dan keamanan, hingga perubahan iklim dan pemulihan ekonomi.
(cip)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)