Pentingnya Menjaga Sumber Air Bersih untuk Kehidupan

Jum'at, 15 November 2019 - 14:30 WIB
Pentingnya Menjaga Sumber Air Bersih untuk Kehidupan
Pentingnya Menjaga Sumber Air Bersih untuk Kehidupan
A A A
JAKARTA - Sebagai salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi, jelas manusia tidak akan bisa menjalani kehidupan dengan normal dan layak tanpa tersedianya air bersih.

Selain untuk minum, air bersih juga memiliki banyak peran, mulai dari untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak dan mencuci, hingga sebagai bagian dari pekerjaan, seperti bisnis laundry serta cuci kendaraan.

Walaupun air termasuk dalam sumber daya alam yang bisa diperbarui alias tidak akan habis, faktanya, hampir di seluruh wilayah Indonesia air bersih tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Alasannya, untuk mengalirkan dari sumber ke rumah-rumah warga tentu membutuhkan saluran yang tak semua orang bisa membuatnya dengan benar. Nah, PDAM yang bertugas untuk menyalurkan air bersih tersebut.

Karena membutuhkan berbagai alat, bahan, serta sumber daya manusia yang kompeten dalam mengatur instalasi salurannya, tentu tak jadi hal yang mengherankan mengapa masyarakat memiliki kewajiban untuk membayar pemakaian air bersih.

Dahulu, walaupun menyadari bahwa membayar tagihan air bersih (PDAM) adalah sebuah kewajiban, kadangkala masyarakat enggan untuk segera melakukan pembayaran, karena sudah terbayang antreannya yang panjang jika harus membayar di kantor.

Satu dari sekian hal yang harus disyukuri saat ini yaitu telah tersedianya layanan untuk membayar tagihan secara online melalui website seperti Cermati. Dengan adanya layanan tersebut, tentu upaya pembayaran penggunaan air PDAM bisa menjadi lebih mudah.

Bagi yang masih belum beralih ke metode pembayaran tagihan secara online maupun yang belum mengenal Cermati sebagai rekomendasi tempat pembayarannya, mari simak
ulasan berikut.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya bahwa layanan pembayaran tagihan secara online dihadirkan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja, hanya dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet.

Artinya, karena waktu pembayaran yang sifatnya fleksibel, masyarakat pun tak lagi perlu bertandang ke kantor dan mengantri untuk menuntaskan tanggungannya. Jika demikian, maka tentu tidak ada biaya transportasi yang diperlukan. Di samping itu, tenaga pun juga bisa dihemat.

Apalagi, bagi orang-orang dengan keseharian yang padat, menyisihkan waktu untuk mendatangi kantor PDAM guna membayar pemakaian rutin air bersih seringkali menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

Nah, dengan tersedianya layanan pembayaran tagihan secara online baik melalui website dimana proses pembayaran bisa dilakukan dalam durasi yang singkat, waktu yang dimiliki pun bisa dimaksimalkan untuk menjalani rutinitas.

Cermati merupakan salah satu 'tempat' yang direkomendasikan untuk membayar berbagai
tagihan rutin bulanan seperti listrik dan telepon rumah, serta ada pula layanan untuk top up, seperti pembelian voucher game online, pulsa, dan paket data.

Sudah memiliki izin resmi untuk beroperasi, tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam memilih sebagai sarana untuk memudahkan pembayaran berbagai tanggungan. Selain itu, dengan proses yang mudah dan cepat, pembayaran jelas lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pembayaran konvensional.

Syarat untuk membayar tagihan di Cermati juga tidak banyak, yakni hanya perlu memiliki akun terlebih dahulu melalui proses registrasi, serta wajib melakukan verifikasi nomor telepon. Jika syarat sudah terpenuhi, langsung saja masuk ke menu pembayaran tagihan untuk memulai prosesnya. Cermati menyediakan pilihan untuk membayar tagihan rutin PDAM, yakni bisa dilakukan

melalui website resminya di cermati.com. Ketika permulaan sudah beres, langsung tuju pada menu 'top up & tagihan', lalu tekan pada opsi 'PDAM'. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi nama perusahaan air berikut dengan ID Pelanggan.

Selanjutnya, informasi mengenai besaran tagihan akan muncul di bagian 'checkout'. Jika
sudah yakin bahwa tidak ada kesalahan dalam informasi tersebut, lanjutkan dengan memilih
opsi 'beli sekarang', dan pilih metode pembayarannya.

Setelah pembayaran sukses dilakukan, langkah terakhir yaitu lakukan verifikasi pembayaran, dan tagihan PDAM periode tersebut pun sudah berstatus 'lunas'. Jangan lupa cek kembali ID pelanggan, dan Usahakan Bayar Tagihan Tepat Waktu Salah satu kesalahan yang mungkin terjadi saat melakukan pembayaran tagihan secara online yakni tidak teliti dalam menginput ID Pengguna.

Jika melewatkan proses pengecekan ulang, bukan tidak mungkin Anda malah membayar tagihan milik orang lain. Oleh karena itu, tetaplah cermat dalam menggunakan layanan pembayaran tagihan secara online, agar masalah seperti yang demikian bisa diminimalisir kemungkinan untuk terjadinya.

Sebagai pengingat, karena masyarakat yang baik menyadari bahwa ia memiliki kewajiban untuk membayar penggunaan air bersihnya, sebisa mungkin lunasi tagihan Anda sesegera mungkin agar terhindar dari menunggaknya pembayaran atau bahkan pemutusan saluran air.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3721 seconds (0.1#10.140)