Kemenag Akan Beri Pendidikan Pranikah bagi Petugas KUA dan Penyuluh

Kamis, 14 November 2019 - 20:54 WIB
Kemenag Akan Beri Pendidikan Pranikah bagi Petugas KUA dan Penyuluh
Kemenag Akan Beri Pendidikan Pranikah bagi Petugas KUA dan Penyuluh
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, nantinya pendidikan pranikah akan dilakukan oleh petugas Kantor Urusan Agama (KUA) dan penyuluh Kementerian Agama (Kemenag).

Seperti diketahui pemerintah mewacanakan sertifikasi perkawinan yang merupakan program pendidikan pranikah. "Iya (petugas KUA). Termasuk penyuluh-penyuluh kita yang di lapangan," kata Fachrul Razi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Dia mengatakan, sebelumnya sebelum menikan pasangan hanya diberikan nasehat terkait agama. Namun ke depan akan lebih diperluas lagi seperti pembekalan masalah kesehatan.

"Kemudian masalah kesehatan supaya jangan stunting.Kemudian dikasih tahu pada saat hamil apa yang harus dia lakukan. Jadi betul-betul dia melahirkan bayi-bayi yang sehat. Bayi sehat kan bukan hanya saat lahir saja mulai dari kandungan. Itu antara lain yang disampaikan," ungkapnya.

Dia mengatakan nantinya akan ada poin-poin yang ditetapkan terkait apa saja yang disampaikan kepada pasangan yang akan menikah. Menurutnya pendidikan pranikah akan dilakukan saat pasangan mengurus administrasi di KUA.

"Sebelum itu (ijab). Pada saat mengurus surat-suratnya itu," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4741 seconds (0.1#10.140)