9 Irjen Polisi Bertugas di Unsur Pembantu Pimpinan Polri, 3 Orang Pernah Jabat Kapolda

Senin, 16 September 2024 - 13:18 WIB
loading...
9 Irjen Polisi Bertugas...
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan Kapolda Sulut di Ruang Perjamuan Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/1/2024) siang. FOTO/DOK.HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Sejumlah Irjen Polisi bertugas di unsur pembantu pimpinan Polri. Beberapa di antaranya pernah menjadi Kapolda .

Irjen Pol merupakan singkatan dari Inspektur Jenderal, pangkat di lingkungan Polri yang ditandai dengan simbol dua bintang di pundak seragamnya. Pangkat Irjen Pol satu tingkat di atas Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) dan satu tingkat di bawah Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol).

Saat ini, ada banyak perwira tinggi (Pati) Polri berpangkat Irjen Pol. Sebagian penyandangnya bertugas di Mabes Polri dalam bagian unsur pembantu pimpinan. Siapa saja mereka?


Irjen Polisi Bertugas di Unsur Pembantu Pimpinan Polri

1. Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono

Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) Polri. Saat ini, ia menjabat sebagai Asisten Logistik (Aslog) Kapolri.

Melihat ke belakang, jabatan Aslog Kapolri didapat pada Oktober 2021. Waktu itu, ia diplot untuk menggantikan Irjen Firman Santyabudi.

Raden Prabowo adalah jebolan Akpol 1991. Sebelumnya, ia juga pernah menempati jabatan penting lain, seperti Kabid Humas Polda Metro Jaya (2016), Karopenmas Divhumas Polri (2019) hingga Kadiv Humas Polri (2020).

2. Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, Asisten Operasi Kapolri

Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kapolri. Posisi ini didapat ketika menggantikan Agung Setya Imam Effendi pada Juni 2023 lalu.

Verdianto diketahui sebagai lulusan Akpol 1988. Ia sebelumnya pernah menjadi Kapolda Sulawesi Barat periode 2022-2023.

Lebih jauh, Verdianto juga sempat mengisi posisi strategis lain di Polri. Di antaranya Danpaspelopor Korbrimob Polri (2018) dan Kakorpolairud Baharkam Polri (2020).

3. Irjen Pol Wahyu Hadiningrat, Asisten Perencanaan dan Anggaran Kapolri

Saat ini, Irjen Pol Wahyu Hadiningrat bertugas sebagai Asisten utama bidang Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri. Posisi ini didapat pada Februari 2021 ketika menggantikan Hendro Sugiatno.

Melihat ke belakang, jebolan Akpol 1992 ini pernah menjadi Wakabareskrim Polri periode 2020-2021. Ia juga diketahui sempat terlibat dalam investigasi perburuan teroris Dr Azahari bersama sejumlah nama jenderal polisi kenamaan di Indonesia.

4. Irjen Pol Dedi Prasetyo, Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri

Berikutnya ada nama Irjen Pol Dedi Prasetyo. Polisi kelahiran Madiun, Jawa Timur, 26 Juli 1968 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990.

Saat ini, Dedi menempati jabatan Asisten SDM Kapolri. Ia sebelumnya menggantikan Wahyu Widada pada Februari 2023 lalu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0843 seconds (0.1#10.140)