Daftar Pangdam yang Dimutasi Jenderal TNI Agus Subiyanto, Nomor 2 Dikembalikan ke Jabatan Semula

Minggu, 15 September 2024 - 10:08 WIB
loading...
Daftar Pangdam yang...
Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial memimpin upacara peringatan HUT ke-67 Kodam XV/Pattimura, 21 Mei 2024. Dalam mutasi TNI September 2024, Syafrial kembali ditugaskan menjadi Kas Kostrad. FOTO/DOK.KODAM PATTIMURA
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kembali melakukan mutasi besar-besaran di lingkungan organisasi Tentara Nasional Indonesia pada September 2024. Dari ratusan yang dimutasi, dua di antaranya menjabat sebagai Pangdam .

Kebijakan mutasi teranyar tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024 Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada Rabu, 11 September 2024. Sebanyak 130 Pati digeser dari jabatan semula.

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 130 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari 68 Pati TNI AD, 39 Pati TNI AL, dan 23 Pati TNI AU," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto dikutip, Minggu (15/9/2024).



Dari ratusan Pati TNI yang dimutasi, dua di antaranya menjabat Pangdam atau Panglima Kodam. Siap saja keduanya?

2 Pangdam yang Dimutasi Jenderal Agus Subiyanto:

1. Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPCIT

Daftar Pangdam yang Dimutasi Jenderal TNI Agus Subiyanto, Nomor 2 Dikembalikan ke Jabatan Semula

FOTO/Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Di urutan pertama Pangdam yang dimutasi Jenderal Agus Subiyanto adalah Mayjen TNI Mohammad Fadjar. Lulusan Akademi Militer (1993) berasal kecabangan Infanteri (Kopassus) itu dimutasi dari Pangdam III/Siliwangi menjadi Dankodiklat TNI. Ini berarti Mohammad Fadjar mendapat promosi jabatan dan akan naik pangkat menjadi Letjen TNI atau jenderal bintang 3.

Mohammad Fadjar cukup lama berkarier di Kopassus. Tentara kelahiran Ambon, 14 Agustus 1971 itu pernah menjabat sebagai Danyon 23 Grup 2 Kopassus pada 2008. Dua tahun kemudian, Fadjar dimutasi menjadi Dansepurhut Pusdikpassus, kemudian Dan Grup 1/Para Komando, dan Danpusdiklatpassus Kopassus.

Pada 2015, Mohammad Fadjar ditarik menjadi Ajudan Presiden RI. Setelah itu, lulusan Sesko TNI 2016 itu dimutasi menjadi Danrindam IV/Diponegoro, Danrem 023/Kawal Samudera, Danrem 031/Wira Bima, Danpusdikter Kodiklatad, Kasdivif 2/Kostrad. Mohammad Fadjar sempat ditugaskan di luar institusi TNI sebagai Ketua LP3M Universitas Pertahanan (Unhan) dan Dirjen Pothan Kemhan.

Mayjen Mohammad Fadjar diangkat menjadi Pangdam III/Siliwangi pada 21 Februari 2024, namun belum genap 7 bulan menjabat ia mendapat promosi jabatan menjadi Dankodiklat TNI. Atas jabatan itu, Fadjar berhak mendapatkan pangkat Letjen TNI atau jenderal bintang 3.

2. Mayjen TNI Syafrial, PSC, MTr (Han)

Daftar Pangdam yang Dimutasi Jenderal TNI Agus Subiyanto, Nomor 2 Dikembalikan ke Jabatan Semula

FOTO/Komando Daerah Militer XVI/Pattimura

Selanjutnya ada Mayjen TNI Syafrial, pangdam yang dimutasi Jenderal Agus Subianto pada 11 September 2024. Lulusan Akmil 1990 tersebut kembali menjabat sebagai Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) setelah ditugaskan menjadi Pangdam XV/Pattimura.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)