Tito Karnavian Minta Pilkada Jadi Momentum Genjot Peredaran Uang

Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:14 WIB
loading...
Tito Karnavian Minta Pilkada Jadi Momentum Genjot Peredaran Uang
Mendagri Tito Krnavian. Foto/youtube
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) dapat mendorong roda perekonomian. Pesta demokrasi tingkat lokal ini juga bisa menjadi palagan adu gagasan untuk menangani pandemi Covid-19.

Dia mengatakan saat ini merupakan momentum yang sangat penting bagi daerah untuk menentukan pemimpinnya. Pilkada juga harus dijadikan ajang untuk mengendalikan menekan penyebaran Covid-19.

“Kalau hanya oleh pemerintah pusat saja tidak akan bisa maksimal. 270 daerah ini men-trigger daerah-daerah lain,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/8/2020).

(Baca: Mendagri: Pilkada Bagian Tak Terpisahkan dari Penanganan Covid-19)

Tito mengungkapkan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mensinergikan beberapa kegiatan dalam Pilkada 2020 dengan penanganan pandemi Covid-19. Misal, topik debat para calon kepala daerah dan alat peraga kampanye.

“Bisa saja, stiker bergambar pasangan calon. Masker kain dengan gambar dan nomor pasangan calon sehingga bisa untuk mengangkat elektabilitas dan popularitas. Akan tetapi, bermanfaat untuk pengendalian pandemi di daerah,” tuturnya.

Dalam kunjungannya di Jambi, Mantan Kapolri itu meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk menuntas realisasikan anggaran belanja daerahnya. Hal itu nantinya dapat meningkatkan uang beredar di masyarakat dan menstimulus perekonomian daerah.

(Baca: Fenomena Calon Tunggal Bukti Demokrasi Lokal Semakin Rapuh)

Dalam belanja daerah, Provinsi Jambi berada di posisi tiga terbawah dengan realisasi 25,9 persen. Perekonomian ikut terdampak pandemi Covid-19. Banyak aktivitas yang sempat terhenti atau tidak berjalan maksimal selama beberapa bulan.

“Kalau uangnya beredar, akan menjadi stimulant bagi ekonomi masyarakat supaya bangkit. Menghabiskan sisa 70 persen dalam waktu sekian bulan ke depan tidak gampang. Oleh karena itu, mohon untuk segera dipacu,” pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3214 seconds (0.1#10.140)