Budi Arie Bela Kaesang soal Plesiran Pakai Jet Pribadi, IM57+: Dia Pejabat Publik, Bukan Tim Kampanye

Kamis, 12 September 2024 - 16:19 WIB
loading...
Budi Arie Bela Kaesang...
Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono menggunakan jet pribadi saat plesiran ke Amerika Serikat. Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Kaesang pakai jet pribadi karena Erina sedang hamil. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua IM57+ Praswad Nugraha menyayangkan pernyataan Menkominfo Budi Arie Setiadi soal penggunaan pesawat jet pribadi oleh Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono. Budi Arie terkesan membela putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut dia, pernyataan mantan Ketua Projo itu layaknya tim kampanye bukan menteri. "Budi Arie harusnya memahami posisi dia sebagai pejabat publik dan bukan sebagai Tim Kampanye Kaesang, sehingga segala pernyataannya harus mencerminkan integritas sebagai seorang menteri sekaligus pejabat publik," ujar Praswad, Kamis (12/9/2024).

Budi Arie menyatakan alasan Kaesang dan Erina menggunakan jet pribadi ke Amerika lantaran Erina sedang hamil.



Menurut Praswad, pernyataan tersebut mengaburkan substansi. "Apakah memang seluruh wanita yang sedang mengandung di Indonesia bisa mendapatkan keistimewaan yang sama dengan saudari Erina? Dialektikanya justru semakin menjauh dari diskursus yang logis," ungkapnya.

"Publik mempersoalkan terkait dugaan gratifikasi, bukan kelayakan seseorang yang sedang mengandung untuk terbang karena ini bukan isu personal, tetapi merupakan isu publik, sejauhmana keluarga pejabat publik wajib memberikan laporan atas setiap dugaan gratifikasi yang diterima atau dinikmatinya," sambungnya.

Sebelumnya, Budi Arie menepis anggapan Kaesang telah menerima gratifikasi berupa menaiki jet pribadi. Dia menegaskan jet pribadi itu dari temannya Kaesang.

"Nggak ada (gratifikasi), dia kan pribadi. Nah itu dari temannya," kata Budi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024).

Menurut dia, istri Kaesang, Erina Gudono tak bisa menaiki angkutan umum. Apalagi Erina tengah mengandung.

"Pokoknya sudahlah. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan nggak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?" ucapnya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)