Jokowi Pakai Innova Zenix Sama seperti Paus, Hasan Nasbi: Bentuk Penghormatan

Kamis, 05 September 2024 - 14:11 WIB
loading...
Jokowi Pakai Innova...
Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menanggapi perihal Presiden Jokowi yang menggunakan Toyota Innova Zenix sebagai mobil dinasnya saat ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menanggapi perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan Toyota Innova Zenix sebagai mobil dinasnya saat ini. Innova Zenix menjadi perbincangan karena digunakan juga oleh Paus Fransiskus saat berkeliling di Indonesia.

Menurut Hasan, hal tersebut merupakan bentuk penghormatan. "Itu bentuk penghormatan," kata Hasan dalam keterangannya, Kamis (5/9/2024).

Hasan mengatakan, Presiden Jokowi sebelumnya juga sudah sering menggunakan kendaraan Innova Zenix untuk kegiatan-kegiatan pribadi. Hasan juga menilai wajar jika Jokowi menggunakan kendaraan tersebut untuk hadir Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kalau datang menghadiri misa Paus dengan kendaraan itu juga wajar sebab Paus juga menggunakan kendaraan yang sama," kata Hasan.



Menurut Hasan, mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi.

"Sama seperti ketika menghadiri acara partai, presiden juga hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai tersebut. Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Jokowi yang menggunakan Toyota Innova Zenix berwarna hitam. Mobil tersebut melintas di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat nomor RI-1.

Menanggapi itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana membenarkan bahwa mobil tersebut digunakan oleh Presiden Jokowi.

"Iya betul sekali, Itu kendaraan Bapak," kata Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (5/9/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)