Jokowi Pakai Innova Zenix Seperti Paus Fransiskus, Istana Beri Penjelasan

Kamis, 05 September 2024 - 12:03 WIB
loading...
Jokowi Pakai Innova...
Beredar foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan Toyota Innova Zenix seperti kendaraan yang ditumpangi Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Beredar foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan Toyota Innova Zenix seperti kendaraan yang ditumpangi Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus. Jika mobil yang ditumpangi Sri Paus berwarna putih, Jokowi berwarna hitam.

Mobil tersebut melintas di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat nomor RI-1. Menanggapi itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana membenarkan bahwa mobil tersebut digunakan oleh Presiden Jokowi. "Iya betul sekali, itu kendaraan Bapak," kata Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (5/9/2024).

Yusuf menjelaskan bahwa penggunaan mobil Innova Zenix tersebut bisa digunakan untuk incognito atau penyamaran. "Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," jelasnya.



Selain Innova, kata Yusuf, Presiden Jokowi juga beberapa kali menggunakan mobil Toyota Fortuner saat kunjungan kerja ke daerah. "Fortuner juga sering digunakan saat Kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," ungkapnya.

Terpisah, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin mengatakan bahwa meski Presiden Jokowi memakai mobil Innova, Paspampres tetap memperketat pengamanan. "Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap presiden dengan berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah. Dengan menepatkan pasukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan presiden," kata Achiruddin.

"Secara SOP akan kami laksanakan pengamanan terhadap presiden secara maksimal dan berlapis, serta dengan perhitungan yang matang. Serta kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi," tambahnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)