Indonesia Sambut Lawatan Paus, Jokowi: Ini Adalah Perjalanan Terpanjang Paus Fransiskus

Rabu, 04 September 2024 - 12:11 WIB
loading...
Indonesia Sambut Lawatan...
Paus Fransiskus bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024). Kunjungan Paus disambut hangat dan gembira masyarakat Indonesia. Foto: SINDOnews/Raka Dwi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perjalanan ke Indonesia merupakan yang terpanjang yang pernah dilakukan Paus Fransiskus .

Rakyat Indonesia menyambut hangat dan gembira kedatangan Paus Fransiskus. "Negara kita Indonesia menyambut gembira dan hangat kedatangan Yang Teramat Mulia Bapak Suci Paus Fransiskus dan saya mendengar ini adalah penerbangan terpanjang yang Sri Paus lakukan," ujar Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024).



"Terima kasih Bapak Suci telah bersedia memenuhi undangan kami untuk mengunjungi Indonesia," sambungnya.

Kunjungan Paus Fransiskus memiliki pesan yang sangat kuat tentang arti pentingnya merayakan perbedaan. "Indonesia sebagai negara majemuk yang terdiri dari beragam etnis. Tadi saya menyampaikan kepada Bapak Suci bahwa kita memiliki 714 suku bangsa, etnis, dan juga memiliki 17 ribu pulau yang kita tinggali. Semuanya berbeda budaya, agama, dan suku bangsa. Terus berupaya menjaga harmoni di tengah kebinekaan yang kita miliki," kata Jokowi.

Bagi Indonesia, perbedaan adalah anugerah dan toleransi adalah pupuk bagi persatuan dan perdamaian sebagai sebuah bangsa.

“Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga dapat hidup rukun berdampingan," ungkapnya.

Menurut dia, semangat perdamaian dan toleransi sama-sama Indonesia dan Vatikan ingin sebarkan apalagi di tengah dunia yang semakin bergejolak.

"Seperti yang kita ketahui bersama konflik dan perang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di Palestina yang telah menelan lebih dari 40.000 korban jiwa," kata Jokowi.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)