5 Jenderal TNI-Polri yang Dikenal Sederhana dan Tak Suka Hidup Bermewah-mewahan

Rabu, 04 September 2024 - 07:34 WIB
loading...
A A A
Kesederhanaan lain dari Mung adalah sikapnya yang tak mau merepotkan orang lain. Suatu ketika, dia menolak disuguhi makanan mewah ketika bertamu.

“Jamuan itu mesti sama dengan prajurit. Beliau bahkan kerap membawa air minum sendiri,” ucap Prabowo.

4. Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso

Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso adalah Panglima TNI periode 2007-2010. Sebelumnya, lulusan AKABRI 1975 itu juga sempat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) periode 2005-2007.

Setelah pensiun dari militer, Djoko menggeluti dunia politik. Dia memilih bergabung dengan Partai Gerindra dan sempat menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Pada kesehariannya, Djoko dikenal sebagai sosok yang sederhana sejak kecil. Dia menyadari ayahnya hanya pensiunan guru dan punya penghasilan pas-pasan, sehingga terpacu untuk bekerja keras mewujudkan impiannya.

5. Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution

Jenderal Besar TNI (Purn) Abdul Haris Nasution atau akrab disapa Pak Nas adalah tokoh militer kenamaan dalam sejarah Indonesia. Dia termasuk salah satu pemegang bintang lima di Tanah Air, sama seperti Soedirman dan Soeharto.

Pada sepak terjangnya, Pak Nas pernah memangku sederet jabatan tertinggi di dalam pimpinan TNI. Kendati begitu, dia tetap dikenal sebagai sosok pribadi jujur dan sangat sederhana.

Kehidupan sederhana tersebut tetap dipilih Nasution hingga pensiun dari militer. Dikutip dari buku 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia karya Floriberta Aning, Jenderal Besar AH Nasution tinggal di rumah sederhana di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta.

Rumah tersebut tampak kusam dan tak pernah direnovasi. Berstatus pensiunan jenderal bintang lima, dia bahkan disebut mengalami kesulitan air bersih karena keterbatasan ekonomi.
(jon)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)