AHY hingga Bahlil Lahadalia Diyakini Bakal Diboyong ke Kabinet Prabowo

Senin, 02 September 2024 - 14:23 WIB
loading...
AHY hingga Bahlil Lahadalia...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meninjau langsung progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/08/2024). Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh yang hadir dalam apel kader sekaligus penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2024 malam diyakini akan diboyong ke kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nantinya. Salah satunya adalah Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kemudian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Yang hadir di Rapimnas Gerindra yang juga ketum parpol di Koalisi Indonesia Maju: AHY, Zulhas, Bahlil. Ditambah Erick Thohir,” ujar Pengamat Politik sekaligus Direktur Lembaga Survei dan Poling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara kepada SINDOnews, Senin (2/9/2024).





Sementara itu, Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah yakin bahwa tokoh-tokoh dari Koalisi Indonesia Maju yang bakal diboyong masuk kabinet Prabowo-Gibran. Dedi menuturkan, sebagian besar kabinet Jokowi perhari ini mayoritas anggota parpol penyokong.

“Bahkan meskipun sebelumnya ada tokoh dianggap profesional, faktanya juga bagian dari parpol atau terafiliasi parpol, misalnya Basuki, Nadiem Makarim, hanya dianggap profesional padahal miliki kedekatan khusus dengan PDIP,” ujar Dedi.

Dia juga yakin bahwa Prabowo akan membangun kabinet yang serupa dengan bentukan Jokowi. “Bahkan, kebijakan Prabowo besar kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan Jokowi. Terlebih ada peluang Jokowi dijadikan mentor kepresidenan Prabowo, bukan tidak mungkin Jokowi justru bisa mendikte Prabowo ke depan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Prabowo menegaskan pemerintahannya bersama Gibran Rakabuming Raka bakal memboyong sebagian menteri saat ini masuk ke kabinetnya. Ketua Umum Partai Gerindra itu percaya dengan menteri -menteri yang berada di Kabinet Jokowi saat ini.

"Pak (Jokowi) maaf Pak, karena Bapak milih orang-orang hebat, maka sebagian dari mereka kabinet saya nanti ini," kata Prabowo di Rapimnas Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

Prabowo mengaku sangat percaya dengan menteri-menteri yang saat ini berada di kabinet Jokowi. Terlebih, dia juga salah satu yang berada di dalamnya. Dia mengetahui secara rinci bagaimana cara kerja, pola pikir, hingga gagasan para menteri Kabinet Indonesia Maju.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)