SGU Culture Trip Kenalkan Budaya Indonesia ke Mahasiswa Internasional

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 20:33 WIB
loading...
SGU Culture Trip Kenalkan...
Swiss German University (SGU) menggelar Culture Trip 2024 mengenalkan budaya Indonesia ke sejumlah mahasiswa international, Sabtu (31/8/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Swiss German University (SGU) menggelar Culture Trip 2024 yang digelar di dua tempat terpisah, Sabtu (31/8/2024). Melalui kegiatan itu mencoba mengenalkan budaya Indonesia ke sejumlah mahasiswa international. Mereka mempelajari kebudayaan mulai dari tarian, alat musik tradisional, mewarnai kain, hingga mengenalkan beragam kopi khas Tanah Air.

Rektor Swiss German University, Samuel P Kusumocahyo berharap kegiatan ini membuat mereka memperdalam budaya Indonesia melalui komunitas lokal.

"Harapannya dapat menanamkan rasa saling menghargai antara budaya yang berbeda dan menciptakan generasi pemimpin global yang berpikiran terbuka," kata Samuel dalam keterangannya, Sabtu (31/8/2024).

Rektor SGU berkomitmen mengembangan jaringan global SGU. Karena itu, SGU tidak hanya menerima mahasiswa dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara.

Dengan tiga fakultas utama, yaitu Faculty of Engineering and Information Technology (FEIT), Faculty of Life Sciences and Technology (FLST), serta Faculty of Business and Communication (FBC) diharapkan menarik remaja untuk mendapatkan ilmunya di Indonesia.

"Keunggulan utama SGU adalah program double degree yang memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh gelar dari dua universitas dalam satu program studi," katanya.

Selain itu, melalui kolaborasi internasional yang kuat ini melibatkan institusi pendidikan terkemuka seperti International Management Institute Switzerland, Solbridge University Korea Selatan, Fachhochschule Südwestfalen, Hochschule Albstadt-Sigmaringen, hingga Ernst-Abbe-Hochschule Jena. Maka, lanjut Rektor, pendidikan yang dimiliki SGU jauh lebih berkualitas.

Termasuk program EduTrip yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman belajar di kampus internasional kepada mahasiswa dan pelajar Indonesia. Progam ini, akan membuat mahasiswa internasional merasakan atmosfer akademik dan mempelajari kebudayaan setempat dalam waktu singkat.

"2025 mendatang kami akan menggelar EduTrip ke Korea Selatan, di mana para peserta akan mengunjungi Solbridge University dan Seoul National University untuk mendapatkan wawasan langsung tentang sistem pendidikan dan budaya di Korea Selatan," tambahnya.

Di sisi lain edutrip juga menjadi bekal memahami keberagaman budaya yang menjadi modal penting untuk sukses di dunia global.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)