Kaesang Naik Jet Pribadi, Ketua KPK: Perlu Diklarifikasi Apakah terkait dengan Penyelenggara Negara

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 09:25 WIB
loading...
Kaesang Naik Jet Pribadi,...
KPK akan meminta klarifikasi putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengenai pesawat jet pribadi dan plesiran ke AS bersama istrinya Erina Gudono. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menjelaskan mengapa KPK akan meminta klarifikasi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengenai pesawat jet pribadi dan plesiran ke AS bersama istrinya Erina Gudono.

Hal itu perlu didalami apakah fasilitas tersebut terkait dengan statusnya yang keluarganya banyak penyelenggara negara.



"Tentu perlu diklarifikasi apakah kemudahan-kemudahan diperoleh yang bersangkutan ada kaitannya misalnya dengan jabatan-jabatan penyelenggara negara yang disandang keluarganya," ujar Nawawi yang dikutip, Sabtu (31/8/2024).

KPK bakal mengundang Kaesang yang juga Ketua Umum PSI terkait viralnya penggunaan pesawat jet pribadi. "Surat undangan sedang dikonsepkan, apakah nanti apa, saya tidak tahu bersangkutan sebagai apa saat ini," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024).

Terkait undangan klarifikasi, hal itu lumrah ketika adanya informasi dari masyarakat. "Jadi, kalau terkait dengan laporan-laporan, penerimaan-penerimaan lewat Direktorat Gratifikasi dan Kedeputian Pencegahan, kami mengundang," ungkapnya.

Sebelum memenuhi undangan, biasanya pihak-pihak yang dimaksud akan menyampaikan klarifikasi kepada publik terlebih dahulu. Namun, hal tersebut belum tentu membatalkan permintaan klarifikasi dari KPK.

"Kami berharap ketika melakukan klarifikasi atau apa pun untuk disampaikan bukti dong, misalnya saya bayar sendiri loh ini bukti transfernya. Jadi clear," kata Alex.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0818 seconds (0.1#10.140)