Risma Bakal Mundur dari Mensos, Jokowi: Ya Itu Lebih Baik

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 17:59 WIB
loading...
Risma Bakal Mundur dari...
Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma usai menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, tadi pagi. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait Tri Rismaharini atau Risma yang menyatakan bakal mundur dari jabatan Menteri Sosial (Mensos) karena maju sebagai calon gubernur Jawa Timur. Menurut Jokowi, alasan mundur sebagai menteri untuk maju pilgub merupakan pilihan yang baik.

"Ya itu lebih baik,” kata Jokowi dalam keterangannya di Rumah Sakit (RS) Persahabatan, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Meski begitu, Jokowi menuturkan bahwa tidak aturan yang mewajibkan seorang menteri harus mundur dari jabatannya saat mencalonkan diri sebagai kepala daerah. “Tapi kalau tidak kan aturannya memang juga tidak apa-apa. Memperbolehkan,” kata Jokowi.





Diketahui, Tri Rismaharini yang menjadi bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur menyatakan bakal mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Mensos. Risma mengaku bakal menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (30/8/2024).

"Mundur. Besok saya akan, Insya Allah, kalau bisa, minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri," kata Risma, usai ziarah ke Makam Sunan Bungkul di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Risma menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta pagi tadi. Risma membenarkan bahwa dirinya menghadap Jokowi. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Risma keluar dari Istana Kepresidenan sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat dikonfirmasi mengenai tujuan pertemuannya dengan Presiden Jokowi, Risma hanya tersenyum dan bergegas masuk ke mobilnya. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Ari menjelaskan dalam pertemuan itu, Risma melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa dicalonkan oleh partai politik sebagai bakal calon gubernur dan telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Terkait pengunduran diri Risma, kata Ari, pihaknya belum menerima surat pengunduran diri dari kader PDIP itu. "Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," kata Ari.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)