Ini Senjata Antidrone dan Mobil Jammer Canggih yang Jaga Keamanan HUT ke-79 RI di IKN

Kamis, 29 Agustus 2024 - 11:51 WIB
loading...
Ini Senjata Antidrone...
PT Pindad mengerahkan dua alutsista terbaru berupa senjata antidrone dan mobil jammer untuk mengamankan pelaksanaan HUT ke-70 RI. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Dua alutsista canggih buatan PT Pindad dikerahkan untuk menjaga keamanan pelaksanaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus lalu. Kedua alutsista buatan industri pertahanan dalam negeri tersebut yakni, senjata antidrone dan mobil jammer.

Dikutip dari akun resmi PT Pindad disebutkan, senjata antidrone yang dioperasikan dalam pengamanan tersebut yakni, Senjata Pelumpuh Senyap atau SPS-1. Dioperasikan oleh satu orang personel, senjata bertenaga baterai ini memiliki kemampuan menetralisir ancaman dengan dua metode.

Metode pertama, soft skill yakni menonaktifkan drone yang mengancam dengan menutup akses kendali pada jarak 500 meter. “Medote kedua hard kill yang bersifat destruktif atau menghancurkan drone pada jarak 150 meter,” bunyi keterangan tertulis di laman tersebut, Kamis (29/8/2024).



Selain itu, PT Pindad juga mengerahkan kendaraan Maung MV3 Mobile Jammer. Kendaraan ini dirancang sebagai sistem antidrone mobile yang mampu menetralisir ancaman drone secara cepat dan akurat.



Kendaraan ini dilengkapi dengan jammer drone sebagai soft skill dan senjata SMB SM5 A1 Kaliber 12,7mm sebagai senjata hard skill. Tidak hanya itu, kecanggihan lain kendaraan ini adalah memiliki radius jamming sejauh 3 kilometer yang menggunakan soft skill.

“Jarak destruksi hingga 1,8 kilometer menggunakan metode hard kill, Dengan penggerak 4x4, kenderaan ini mampu beroperasi di berbagai jenis medan baik on road maupun off road.”

(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)