Jokowi Minta Jajarannya Bergerak Tangani Korban Gempa Ambon

Jum'at, 27 September 2019 - 17:01 WIB
Jokowi Minta Jajarannya Bergerak Tangani Korban Gempa Ambon
Jokowi Minta Jajarannya Bergerak Tangani Korban Gempa Ambon
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk segera bergerak memberikan bantuan kepada korban gempa di Ambon. Seperti diketahui Ambon kemarin diguncang gempa bermagnitudo 6,5 skalarighter (SR).

"Kemarin sudah saya perintahkan kepada kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Jenderal Doni di sana (Ambon)," kata Jokowi di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

"Juga kepada TNI/Polri dan kepada menteri sosial bergerak ke lapangan di tempat terjadinya gempa. Membantu saudara-saudara kita yang di Ambon. Dan bantuan sudah saya perintahkan untuk dikirimkan," sambungnya.

(Baca juga: Korban Meninggal Akibat Gempa Ambon Jadi 23 Orang)

Jokowi juga telah memerintahkan kepada menteri sosial untuk memberikan santunan kepada korban meninggal. Termasuk juga kepada korban yang luka-luka karena gempa tersebut.

"Kepada korban yang meninggal, saya tadi sampaikan ke menteri sosial untuk memberikan santunan. Dan untuk yang luka-luka perawatannya akan ditanggung pemerintah," ujarnya.

"Dan terkait kerusakan fisik akibat gempa masih dilakukan pendataan secara detail. Tapi kemarin saya terakhir mendapat laporan kira-kira 100 lebih sedikit rumah yang rusak," paparnya.

Dia mengaku sempat kesulitan menghubungi Gubernur Maluku untuk mendapatkan informasi di lapangan. "Kemarin saya mencoba untuk bertelepon dengan gubernur, sudah dua kali tidak sambung," tuturnya.

"Tapi kemarin sore saya sudah mendapatkan data dari kepala BNPB Jenderal Doni Monardo bahwa gempa di Ambon menewaskan 23 orang dan ratusan luka dan ribuan yang mengungsi," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyammpaikan duka cita atas meninggalnya warga Ambon karena gempa.

"Saya juga ingin menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan duka cita yang mendalam atas gempa yang di Ambon, menimpa saudara-saudara kita di Ambon," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1908 seconds (0.1#10.140)