Profil Komjen Pol Reynhard Silitonga, Eks Kapolresta Bandara Soetta yang Jabat Irjen Kemenkumham

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 06:48 WIB
loading...
Profil Komjen Pol Reynhard...
Komjen Pol Reynhard Saut Poltak Silitonga tercatat menduduki jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Irjen Kemenkumham) Sejak 5 April 2024 lalu. Foto/Kemenkumham
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Reynhard Saut Poltak Silitonga tercatat menduduki jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Irjen Kemenkumham) Sejak 5 April 2024 lalu. Reynhard Silitonga menggantikan Razilu yang akan menempati pos baru sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM.

Sebelum menjadi Irjen Kemenkumham, Reynhard menjabat sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Ia menggantikan Sri Puguh Budi Utami yang dimutasi menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Kemenkumham.

Baca juga: Profil Brigjen Terry Tresna Purnama yang Jabat Irdam Brawijaya

Menkumham Yasonna Laoly menyatakan mutasi dalam sebuah organisasi adalah suatu kewajaran demi untuk meningkatkan kinerja lembaga. “Mutasi dan promosi adalah hal biasa dalam perjalanan karier seorang pegawai negeri, karena melalui mutasi, diharapkan adanya penyegaran dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, yang akhirnya bermuara akhirnya pada peningkatan kapasitas organisasi,” ujar Yasonna di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jumat 5 April 2024.

Bertepatan dengan pelantikannya menjadi Irjen Kemenkumham, Reynhard Silitonga kemudian mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari Irjen Pol menjadi Komjen Pol. Pelantikan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 28 Mei 2024.

Profil Komjen Pol Reynhard Silitonga, Eks Kapolresta Bandara Soetta yang Jabat Irjen Kemenkumham


Profil Komjen Reynhard Silitonga


Komjen Reynhard Silitonga merupakan Pati Polri aktif yang mendapat penugasan di luar institusi Polri. Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara pada 8 September 1967 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse.

Lulus dari Akpol, suami dari Anna br Siahaan ini mengawali kariernya dengan menduduki posisi Kasat Serse Polres Cianjur. Dari Cianjur, Reynhard Silitonga kemudian digeser menjadi Kasat Serse Polres Bogor.

Dia juga tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), mulai dari Kapolsek Metro Cilandak, Kapolsek Metro Gambir, dan Kapolsek Metro Taman Sari.

Kenyang pengalaman menjadi Kapolsek, Reynhard Silitonga kemudian mendapat penugasan baru menjadi Kasubbag Jarlat Bag Jarlat Lemdiklat Polri. Kariernya semakin bersinar ketika mendapat promosi Kapolres Tapanuli Tengah dan Kapolres Hulu Sungai Utara pada 2009.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)