Lima Capim KPK Terpilih, Ray Rangkuti: Selamat Datang KPK Pura-pura

Jum'at, 13 September 2019 - 10:58 WIB
Lima Capim KPK Terpilih, Ray Rangkuti: Selamat Datang KPK Pura-pura
Lima Capim KPK Terpilih, Ray Rangkuti: Selamat Datang KPK Pura-pura
A A A
JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menilai keinginan masyarakat untuk mendapatkan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diharapkan telah pudar. Hal ini didasari hasil seleksi dan uji kelayakan dan kepatutan DPR yang telah meloloskan lima capim KPK.

"Tinggal kita menyusun berbagai rangkaian kenangan manisnya saat bersama KPK. Menteri, mantan menteri, gubernur, bupati/wali kota, anggota DPR/DPD, ketua MK, anggota kejaksaan, hakim, semua pernah ditangkap oleh KPK dan didakwa karena korupsi," ujar Ray saat dihubungi SINDOnews, Jumat (13/9/2019).

"Hari-hari di mana kita biasa melihat orang jahat memang harus masuk penjara, apapun jabatan dan pangkatnya," imbuh dia.

Kata Ray, hari-hari di mana masyarakat tidak putus asa bahwa bagi mereka yang merampok uang negara hanya menunggu waktu untuk masuk penjara. "Masa-masa seperti ini nampaknya akan berakhir," tutur mantan Aktivis 98 asal UIN Jakarta ini.

Ray menganggap, KPK yang ada sekarang menuju desain sebagai KPK pura-pura. Pura-pura ada pemberantasan korupsi karena lembaga dan kantornya masih eksis, namun kewenangannya sangat tergantung pada lembaga lain.

Lanjutnya, hendak menyadap tanya Dewan Pengawas, hendak menggeledah tanya Dewan pengawas dan hanya boleh memegang kasus di tahap penyidikan.

"Lalu kapan KPK bisa membidik satu kasus untuk didalami? Itulah nampaknya desain KPK Baru. Maka selamat berpisah KPK lama, selamat datang KPK pura-pura," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)