Sindiran Tere Liye: Pertamina Tak Pernah Salah, yang Salah Kalian

Selasa, 25 Agustus 2020 - 23:08 WIB
loading...
A A A
Baik, mari kembali ke laporan keuangan.

Semester pertama 2020 ini, bottom line, Pertamina rugi 761 juta dollar (setara 11 trilyun rupiah, kurs 14,500), beda jomplang dengan semester pertama 2019 yang untung 746 juta dollar, (setara 10,8 trilyun).

Kalau diamat2i, sebenarnya laporan keuangan ini masih oke banget. Kalian saja yang sirik, benci duluan. Loh kok bisa? Iya dong. Kan masih oke ruginya cuma 11 trilyun. Coba kalau ruginya jadi 100 trilyun? Bersyukur. Itu gara2 pimpinan mereka. Jangan kufur nikmat gitu lah. Eh?

Tapi intinya begini, jika dilihat dari 'laba bruto' atau 'laba sebelum pajak penghasilan', angkanya masih mendinglah. Laba bruto di 1,6 milyar dollar. Laba/(rugi) sebelum pajak penghasilan (58) juta dollar. Yang bikin jadi banyak rugi di bottom line-nya, karena pajak penghasilan. Coba kalau Pertamina ditanggung pajak penghasilannya kayak anggota DPR, atau kayak pejabat2, haqqul yaqin, 31 Desember 2020, mesti untung laporannya nanti. Eh? Aduh, saya itu kalau disuruh bahas soal laporan keuangan, selalu saja kemana2. Biar terlihat cerdas gitu loh.

Tapi baiklah, kita serius sedikit.

Kenapa Pertamina rugi 11 trilyun? Masalahnya sederhana sekali. Kalian semua penyebabnya. Seluruh rakyat Indonesia. Tidak butuh akuntan bermata elang utk paham masalahnya. Kok salah kalian?

Coba perhatikan baik2. Penjualan dalam negeri tahun lalu per Juni 20,9 milyar dollar. Tahun sekarang turun jadi 16,5 milyar, alias turun 4,4 milyar (setara 63 trilyun), alias turun 21%. Celakanya, saat penjualan dalam negeri turun drastis, beban pokoknya tidak sedrastis itu turunnya, karena begitulah, nasib memang, kok bisa-bisanya beban pokok tetap segitu padahal harga minyak dunia pernah tumbang tinggal recehan saja per barel.

Maka, mudah menyimpulkannya: saat penjualan dalam negeri turun, sementara beban pokoknya tidak turun sebanyak itu, otomatis, laba kotor juga turun, lantas bawah2nya ikut kena, bottom line, jadilah rugi.

Salah siapa? KALIAN.

Coba kalau kalian tetap beli bensin, solar saat pandemi, coba kalau kalian semua mau berterimakasih ke Pertamina. Beli itu bensin, solar banyak2. Kan tidak rugi. Kalian benar2 tega. Yang kalian lakukan ke Pertamina itu jahat. Lihat, Pertamina itu sudah ngasih harga Pertamax 9000 loh. Itu sudah murah banget. Di Malaysia, yang kualitasnya lebih baik, cuma 5.000. Eh? Maaf, salah ambil contoh, coba lihat di negara lain, aduh, sebentar... di negara mana ya, eehh, saya harus ambil contoh di mana? Lupakan. Pokoknya, Pertamax di Indonesia itu sudah super murah. Titik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)