alexametrics

Tingkatkan Profesionalisme Hakim, KY Luncurkan Aplikasi Karakterisasi Putusan

loading...
Tingkatkan Profesionalisme Hakim, KY Luncurkan Aplikasi Karakterisasi Putusan
Komisi Yudisial (KY) meluncurkan aplikasi Karakterisasi Putusan dalam rangka peningkatan profesionalisme hakim. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) meluncurkan aplikasi Karakterisasi Putusan dalam rangka peningkatan profesionalisme hakim. Karakterisasi Putusan adalah program nasional berbentuk eksaminasi putusan yang mulai dilaksanakan KY sejak awal tahun 2019.

Pengembangan ini dalam bentuk website yang bisa diakses di www.karakterisasi.komisiyudisial.go.id dan aplikasi play store bernama Karakterisasi.

“Karakterisasi Putusan ini adalah salah satu bentuk eksaminasi putusan yang dibuat untuk mempermudah hakim dalam membaca sebuah putusan dengan cara mengelompokkan indikator-indikator penting (karakter). Karena perilaku dan profesionalisme seorang hakim tercermin dari putusan yang dibuatnya,” ujar Anggota KY Aidul Fitriciada Azhari saat aplikasi ini diluncurkan di Auditorium KY, Jakarta, Kamis (12/9/2019).



Sebelumnya, KY telah melakukan karakterisasi putusan pada 2009-2015 dengan hasil penelitian bahwa kebanyakan hakim kurang memperkaya putusannya dengan sumber hukum lain seperti yurisprudensi dan doktrin. “Sehingga fungsi utama aplikasi ini adalah memperkaya referensi sumber hukum yang berasal dari yurisprudensi,” ucap Aidul.

Dalam aplikasi Karakterisasi Putusan ini, Aidul menjelaskan para pengguna dapat mencari dan menemukan kaidah hukum dari putusan asli di semua tingkatan pengadilan yang menjadi yurisprudensi dan putusan-putusan hakim lain yang mengikuti kaidah hukum yurisprudensi tersebut. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan anotasi oleh para pakar hukum terkait perkembangan kaidah hukum tersebut.

“Aplikasi ini sekaligus menjadi jembatan antara dunia praktik dan dunia akademik dalam menciptakan diskusi maupun diskursus tentang isu hukum tertentu di mana ada kepentingan publik ada di dalamnya,” tambah Aidul.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak