alexametrics

Pilot Perempuan Penerbang Pertama N250 Kenang Sosok Habibie Pemimpin Visioner

loading...
Pilot Perempuan Penerbang Pertama N250 Kenang Sosok Habibie Pemimpin Visioner
Ester Gayatri, pilot perempuan penerbang pertama Pesawat Gatot Kaca N250 buatan almarhum BJ Habibie datang ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir. Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A+ A-
JAKARTA - Ester Gayatri, pilot perempuan penerbang pertama Pesawat Gatot Kaca N250 buatan almarhum BJ Habibie datang ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir. Ester mengenang sosok Habibie sebagai orang yang berjasa bagi dirinya.

"Karena pada saat saya pulang dari Amerika tahun 1984, Indonesia belum ada pilot wanita. Jadi saya ditolak dimana-mana beliaulah yang menerima saya di PT Nurtanio," ujar Ester di rumah duka, Jalan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Ester menganggap Habibie sosok pemimpin yang visioner. Dia mengaku masih menyimpan surat tugas dirinya sebagai pilot meski saat itu dirinya tergolong baru sebagai pilot perempuan.



"Little that i know, i am now as he was telling 34 years ago. Jadi dia visioner. Saya bener-bener sangat bertema kasih karna tanpa beliau i think god .. Him," ucap dia.

Ester mengaku banyak belajar dari mantan Menristek era Soeharto itu. Habibie disebut yang menasihati dirinya tentang test fligth. Ia berpesan agar saat test flight hati-hati. Gayatri berharap negara mau mempertahankan apa yang sudah dilakukan Habibie.

Dia mengaku kaget saat mendengar orang yang telah berjasa bagi dirinya dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa. Ester mengaku terakhir bertemu dengan almarhum sekira tiga tahun lalu.

"Saya baru pulang dari Canada abis test pilot school. Langsung pada event Lebaran saya ditanya masih terbang, saya jawab masih, saya siap membantu ya, untuk apapun pesawat yang ia rancang R80 saya siap bantu. Dan itu kali terakhir setelah itu saya sibuk dengan N219," tukasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak