Ratusan Perempuan Srikandi Bawaslu Siap Awasi Pilkada 2020

Minggu, 01 September 2019 - 17:20 WIB
Ratusan Perempuan Srikandi Bawaslu Siap Awasi Pilkada 2020
Ratusan Perempuan Srikandi Bawaslu Siap Awasi Pilkada 2020
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengaku siap memberikan peran kepada para perempuan untuk melakukan pengawasan pemilu, khususnya dalam mengawasi Pilkada serentak tahun 2020.

Sebanyak 452 perempuan yang tergabung dalam Srikandi Bawaslu mendeklarasikan diri untuk melakukan pengawasan Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, ajang ini merupakan puncak kegiatan konsolidasi perempuan mengawasi. "Hari ini kita akan mendeklarasikan para perempuan pengawas pemilu," ujar Abhan saat membuka ajang deklarasi, di Car Free Day, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Abhan menegaskan, keterlibatan kaum perempuan dalam ajang pilkada sangat penting. Selain karena jumlah pemilih perempuan termasuk besar, Abhan harap para perempuan mau berpartisipasi mengawasi ajang pesta rakyat lima tahunan.

"Pilkada tentu akan berhasil dengan sinergitas, kerjasama dan soliditas pengawasan," cetus lelaki asal Pekalongan Jawa Tengah tersebut.

Adapun deklarasi dibacakan oleh delapan perempuan dari pulau-pulau di Indonesia seperti, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Provinsi NTT dan Provinsi Bali. Deklarasi dihelat di area Car Free Day (CFD) tepatnya di depan Kantor Bawaslu Jalan MH. Thamrin 14 Jakarta.

Sebelum deklarasi dikumandangkan, ratusan srikandi ini berjalan kaki dari Kawasan Pecenongan menuju Kantor Bawaslu. Pembagian bunga mawar kepada pejalan kaki di area CFD juga dilakukan sebagai simbol ajakan masyarakat turut berpartisipasi mengawasi pilkada.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4567 seconds (0.1#10.140)