Kongres PAN Angkat Tema Indonesia Terdepan dan Usung IKN, Ini Maknanya

Rabu, 14 Agustus 2024 - 16:00 WIB
loading...
Kongres PAN Angkat Tema...
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menjelaskan makna tema di Kongres PAN. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar kongres pada 23-24 Agustus 2024 di Hotel Indonesia, Jakarta. Kongres PAN tersebut mengambil tema “Indonesia Terdepan” serta ditampilkan gambaran IKN sebagai kota masa depan di Indonesia.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menjelaskan IKN di Kalimantan adalah simbol dari pemerataan kota-kota di Indonesia. Sebab selama ini semua hal tertumpuk di Pulau Jawa.

“Jawa itu sudah padat, Jawa harus jadi pusat industri, pusat keuangan, pusat UMKM, itu di Jawa, tapi kalau mau swasembada pangan nggak mungkin ngandelin Jawa atau Sumatera, lahannya nggak ada. Kita punya Papua yang selama ini kurang serius untuk mengembangkan pangan, mau swasembada beras, gula, jagung, tapioka itu ada di Papua tanahnya luas,” ujar Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (14/8/2024).



Mendag yang juga Ketua Umum PAN itu menyebut jika Indonesia ingin maju maka harus membuat klaster di berbagai daerahnya yang memiliki peran masing-masing, dan tidak hanya tertumpuk di Jawa.

“Satu lagi Kalimantan, luas sekali, orangnya sedikit, (tapi) hampir 60% penduduk Indonesia di Jawa. Daya dukung Pulau Jawa sudah tidak layak, sudah over capacity. kalau ingin negara maju harus bikin klaster, makanya kami simbolnya Ibu Kota Nusantara, masa depan kita di sana,” jelas Zulhas.



Zulhas juga menyebut Kongres PAN tersebut sudah disiapkan sejak lama dan ingin memberikan contoh buat masyarakat.

“Jadi kita sudah persiapan matang karena sudah lama. Kita ingin memberikan contoh untuk seluruh masyarakat, kongres kita berusaha keras memberikan contoh terbaik. Dan nanti akan ada kejutan-kejutan menarik, bisa disaksikan secara virtual, Mas Eko akan bikin bagus-bagus,” ujar Zulhas.

Sebagai informasi, forum musyawarah tertinggi di partai berlambang matahari putih tersebut juga direncanakan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)