Festival LIKE 2 Digelar, Perhutani Dukung Perbaikan Tata Kelola Kehutanan

Senin, 12 Agustus 2024 - 18:04 WIB
loading...
Festival LIKE 2 Digelar,...
Kemitraan Perhutani mendapatkan penghargaan dalam Festival LIKE 2 2024 yang berlangsung selama 4 hari sejak 8-11 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kemitraan Perhutani mendapatkan penghargaan dalam Festival LIKE 2 2024 yang berlangsung selama 4 hari sejak 8 hingga 11 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Acara tahunan yang fokus pada isu lingkungan hidup, iklim, kehutanan, dan energi terbarukan ini semakin menegaskan komitmen pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.



Hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro beserta jajaran.

Puncak acara ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), Sawit Rakyat, serta sertifikat layanan dana lingkungan kepada 15 perwakilan masyarakat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tercatat 200 orang dari 5 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) penerima Perjanjian Kerjasama (PKS) Kemitraan Perhutani baik skema Kemitraan Kehutanan Perhutani (KKP) maupun Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif (KKPP) pada agenda penyerahan secara simbolis.

Mengusung tema "10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas", Festival LIKE 2 2024 menyoroti tiga hal utama yaitu Teknologi Ramah Iklim, Partisipasi Publik, dan Akses Dana Lingkungan.

Dalam sambutannya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, dalam satu dekade terakhir pemerintah telah melakukan kerja lingkungan dengan responsif, adaptif, dan progresif yang diwujudkan dengan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan.

"Selama kurun waktu 10 tahun terakhir pada dua masa periode pemerintahan administrasi 2014-2019 dan 2019-2024 di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi kerja pemerintah bidang lingkungan hidup secara responsif, adaptif, dan progresif terus dilakukan dengan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan," ujar Siti dalam Malam Penganugerahan KLHK di Festival LIKE 2, Sabtu (10/8/2024).

Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro menyatakan dukungan kepada pemerintah. Program Perhutanan Sosial dinilai mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola hutan bersama negara.

Pada gelaran kali ini, 3 Kemitraan Perhutani juga mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri LHK di malam penghargaan Festival LIKE 2.

Perhutani juga terus mengembangkan kemitraan bersama masyarakat desa hutan melalui program Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif. Hal ini merupakan langkah nyata pihaknya mendukung program pemerintah. “Dalam gelaran ini kemitraan kami juga memperoleh penghargaan dari KLHK,” kata Wahyu.

Selain penyerahan SK, berbagai kegiatan menarik lainnya juga memeriahkan Festival LIKE 2 seperti pameran teknologi ramah lingkungan, konser musik, talkshow inspiratif, fun walk, serta malam penghargaan bagi para pelaku dan inovator di bidang lingkungan.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)